Pantau Flash
Kasus Pertama! Harimau di Kebun Binatang New York Positif Korona
Bassis Duran Duran, John Taylor Sembuh dari Korona
BMKG Perkirakan Jakarta Akan Diguyur Hujan Hari Ini
Kabareskrim Benarkan Telegram Kapolri Soal Ketersediaan Pangan saat Korona
Dubai Putuskan 'Lockdown' Selama 14 Hari

Amazon Kebakaran Besar, Ini 5 Fakta Mengejutkan Hutan Terbesar Dunia

Amazon Kebakaran Besar, Ini 5 Fakta Mengejutkan Hutan Terbesar Dunia Pemandangan hutan Amazon. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Kebakaran besar melanda hutan hujan Amazon di Brasil yang disebut-sebut mencapai rekor terparah pada tahun ini. Pusat penelitian luar angkasa Brasil (INPE) mengatakan, telah mendeteksi lebih dari 72.000 kebakaran selama 2019.

Otoritas Amazon telah menetapkan status darurat di selatan Roraima dan Manaus sejak 9 Agustus lalu. Asap yang mengepul akibat kebakaran hutan telah menutupi wilayah utara Brasil. Hutan hujan Amazon dikenal sebagai paru-paru dunia yang dikenal dengan nama Amazonia, yang merupakan rumah bagi berbagai kejaiban yang belum sepenuhnya dapat diteliti oleh manusia.

Menjadi produsen oksigen terbesar untuk bumi, Amazon memilik luas sekitar 5,5 juta kilometer persegi. Tidak ada eco-region lain di bumi yang seperti ini. Mengingat wilayahnya sangat luas dan masih relatif belum banyak dijelajahi, ada banyak yang tidak kita diketahui tentang hutan hujan ini.

Berikut 5 fakta menarik hutan hujan tropis Amazon yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber:

1. Luas Amazon

Pemandangan hutan Amazon. (Foto: Reuters)

Dikenal sebagai hutan terbesar di dunia, Amazon mencakup sembilan negara, yakni Brasil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis. Namun nyatanya, ukuran absolut hutan hujan ini telah menyusut jauh selama berabad-abad terakhir atau bahkan beberapa dekade. 

Meski Amazon membentang di sejumlah negara, Brasil memiliki bagian terbesar dari hutan hujan tersebut. Sekitar 60 persen dari total hutan Amazon saat ini berlokasi di Brasil.

Menjadi hutan tropis ter ear di dunia, Amazon mampu menghasilkan 30 persen oksigen di bumi. Maka dari itu, Amazon dianggap sebagai paru-paru dunia. Sedangkan, sungainya sendiri memproduksi 20 persen air tawar untuk bumi.

Baca juga: Bukan Hanya Tentang Es, Ini 6 Fakta Mengejutkan Benua Antartika

2. Sumber 80 Persen Makanan di Dunia

Pemandangan hutan Amazon. (Foto: Shutterstock)

Hutan Amazon memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan keanekaragamannya, tak heran jika sebagian besar makanan yang dikonsumsi manusia di bumi berasal dari hutan ini. Amazon diketahui memiliki lebih dari 3.000 buah, dan hanya 200 buah yang dikonsumsi di dunia Barat. 

Selain makanan, 25 persen obat-obatan di dunia juga berasal dari flora dan fauna di Amazon. Hingga saat ini, hanya sekitar 1 persen tumbuhan di Amazon yang sudah pernah diuji ilmuan. 

Tempat ini adalah harta karun yang penuh dengan besi, minyak, emas, gas, dll yang tersedia di bentang alamnya yang luas.  Namun, sulit untuk mengambilnya untuk penggunaan komersial karena mengakibatkan kerusakan ekosistem Amazon. 

3. Suku Asli Amazon

Salah satu suku di Amazon, Suriname, melakukan ritual untuk melindungi suku Amazon dan penduduk asli Brasil. (Foto: Reuters/Ranu Abhelakh)

Terdapat berbagai suku yang hidup di pedalaman Amazon, salah satu yang terkenal dan dianggap berbahaya adalah suku Huaorani. Suku Huaorani dianggap berbahaya karena tidak pernah kalah, sekalipun dalam perang melawan pelayar dari Eropa.

Baca juga: Tak Ada Lagi Gambar Indah! Ini 5 Bukti Mengerikannya Perubahan Iklim Dunia

Namun faktanya, suku ini berusaha melindungi tempat tinggal mereka di Amazon yang terletak di sebelah timur Ekuador. Butuh waktu bagi pemerintah dan suku Huaorani mencapai kesepakatan. Hingga akhirnya pemerintah Ekuador dan organisasi di Ekuador membuka mata untuk menjaga keberlangsungan hidup suku Huaorani.

Ada yang menarik dari suku di Amazon, menurut legenda setempat, diperkirakan bahwa orang-orang Amazon sangat tinggi. Namun ini ternyata tidak benar, ada penduduk asli yang tinggal di hutan hujan Amazon dan daerah sekitarnya tetapi mereka setinggi orang normal.

4. Sungai di Amazon


Pemandangan sungai Amazon. (Foto: Shutterstock)

Terdapat sejumlah fakta unik tentang sungai di Amazon, salah satunya adalah sungai yang mengalir terbalik. Pada tahun 2006, ahli geologi menemukan bukti bahwa sungai Amazon mengalir terbalik. Hal itu terlihat dari penemuan endapan sedimen ke laut. mengatakan, yang mempelajari kecepatan aliran Sungai Amazon dalam membawa sedimen ke laut sampai Periode Kapur. Baru setelah Pegunungan Andes mulai naik 100 juta tahun yang lalu, sungai itu berbalik arah seperti sekarang.

Selain itu, sungai-sungai di Amazon ternyata menyembunyikan sungai lain di bawahnya. Sekitar 4 kilometer di bawahnya ada sebuah sungai bawah tanah. Dari semua sungai di dunia, Amazon adalah salah satu yang terpanjang dengan panjang sekitar 6.400 km yang membentang dari jantung hutan Amazon ke kaki pegunungan Andes.

5. Dihuni Manusia pada 11.200 Tahun Lalu

Pemandangan hutan Amazon. (Foto: TreeHugger)

Berdasarkan bukti arkeologi, diyakini manusia pertama kali mendiami Amazon setidaknya 11.200 tahun yang lalu. Para penduduk pertama ini menetap di lembah Sungai San Rafael dan Sungai Quijos.

Selain itu, foto satelit NASA yang diambil hingga 1999 di sekitar Cekungan Amazon menemukan bahwa ada lebih dari 200 pekerjaan tanah geometris. Hal ini dinilai ada kemungkinan peradaban misterius di hutan terbesar itu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: