Pantau Flash
Antonio Banderas Umumkan Positif COVID-19 di Hari Ulang Tahunnya
Pemerintah Perpanjang Stimulus Keringanan Listrik hingga Akhir Tahun
Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setujui Vaksin COVID-19
Menteri Budi: Masa Pandemi Ancam Kebangkrutan Industri Penerbangan
Pemotongan Sapi 'Tidak Manusiawi' di Aceh Disorot Media Asing

Antartika Capai Suhu Terpanas 20 Derajat Celcius untuk Pertama Kalinya

Headline
Antartika Capai Suhu Terpanas 20 Derajat Celcius untuk Pertama Kalinya Arsip foto. Penguin Adelie berdiri di atas balok es yang mencair di dekat stasiun Prancis di Dumont d'Arville di Antartika Timur. (Reuters/Pauline Askin)

Pantau.com - Antartika tercatat telah melampaui suhu 20 derajat Celcius untuk pertama kalinya, setelah para peneliti mencatat suhu 20,75 derajat Celcius di sebuah pulau di lepas pantai benua.

Dilansir BBC, Jumat (14/2/2020), ilmuan Brasil Carlos Schaefer mengatakan kepada AFP bahwa mereka belum pernah melihat suhu setinggi itu di Antartika.

Namun, ia memperingatkan suhu yang dicatat pada 9 Februari lalu, hanyalah satu catatan dan bukan bagian dari set data jangka panjang. Kendati demikian, benua itu juga tercatat mencapai suhu tertingginya pada pekan lalu, dengan angka menunjukkan 18,3 derajat Celcius di Semenanjung Antartika.

Baca juga: Bukan Hanya Tentang Es, Ini 6 Fakta Mengejutkan Benua Antartika

Temuan terbaru itu diambil di stasiun pemantauan di Pulau Seymourm, bagian dari rangkaian pulau di semananjung yang sama, di titik paling utara benua tersebut.

Meskipun suhu itu merupakan suhu tertinggi, Schaefer menekankan bahwa temuan itu bukan dari studi yang lebih luas dan demikian tidak dapat digunakan untuk memprediksi tren.

"Kami tidak bisa menggunakan ini untuk mengantisipasi perubahan iklim di masa depan. Ini adalah titik data," katanya. "Itu hanya sinyal bahwa sesuatu yang berbeda sedang terjadi di wilayah itu."

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB, suhu di benua Antartika telah meningkat hampir 3 derajat Celcius selama 50 tahun terakhir, dan sekitar 87 persen gletser di sepanjang pantai baratnya telah mencair pada waktu tersebut.

Baca juga: Gokil Bos! Colin O'Brady Ini Jadi Manusia Pertama Taklukkan Antartika Seorang Diri

Selama 12 tahun terakhir, gletser telah menunjukkan percepatan proses pencairan karena pemanasan global, kata badan tersebut. Bulan Janurari juga tercatat menjadi yang terpanas di Antartika.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa pemanasan global menyebabkan begitu banyak pencairan di Kutub Selatan, akhirnya akan hancur dan menyebabkan permukaan laut global naik setidaknya tiga meter (10 kaki) selama berabad-abad mendatang.

Rekor sebelumnya untuk seluruh wilayah Antartika -yang meliputi benua, pulau-pulau, dan lautan yang berada di zona iklim Antartika- adalah 19,8 derajat Celcius, terjadi pada Januari 1982. Juli lalu, wilayah Arktik mencapai rekor suhu 21 derajat Celcius, terjadi di pangkalan di ujung utara Pulau Ellesmere di Arktik Kanada.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: