Pantau Flash
Gawat! Sudah 51 Perkantoran di DKI Jakarta Tutup Akibat COVID-19
Antonio Banderas Umumkan Positif COVID-19 di Hari Ulang Tahunnya
Pemerintah Perpanjang Stimulus Keringanan Listrik hingga Akhir Tahun
Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia yang Setujui Vaksin COVID-19
Menteri Budi: Masa Pandemi Ancam Kebangkrutan Industri Penerbangan

Begini Jawaban China atas Penjualan Senjata AS ke Taiwan

Begini Jawaban China atas Penjualan Senjata AS ke Taiwan Inilah penampakan rudal DF-26 China dari jarak dekat. (Foto: CCTV via ABC News)

Pantau.com - Militer China baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan angkatan laut dan udara di sepanjang pesisirnya di bagian tenggara. Hal itu dibenarkan oleh Kementerian Pertahanan China.

Pelatihan tersebut juga sebagai jawaban atas penjualan senjata AS ke Taiwan, yang dianggap China sebagai negara pembangkang. 

"Pelatihan-pelatihan ini merupakan kegiatan rutin sesuai dengan rencana tahunan militer," demikian pernyataan tersebut tanpa memberikan rincian lokasi tepatnya.

Baca juga: China: AS Telah Langgar Kesepakatan Satu China Pasca Jual Senjata ke Taiwan

Pesisir bagian tenggara China merupakan salah satu kawasan yang paling sensitif di negara itu karena berhadapan dengan Taiwan, yang dipisah oleh selat. China menganggap Taiwan menjadi provinisi yang harus direbut jika diperlukan.

Pada Jumat lalu, China menyatakan akan memberlakukan sanksi-sanksi atas perusahaan-perusahaan Amerika Serikat yang terlibat dalam perjanjian untuk menjual tank hingga peluru kendali dan peralatan senilai 2,2 miliar dolar AS kepada Taiwan.

Baca juga: Upst... Taiwan Bikin China Kebakaran Jenggot Lagi

Pengumuman mengenai latihan-latihan itu tersiar ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berkunjung ke New York untuk singgah sebelum melanjutkan lawatan ke negara-negara sekutunya di kawasan Karibia.

Lawatan itu juga membuat China meradang, yang membuat hubungan China-AS semakin renggang setelah keduanya terlibat dalam perang dagang.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: