Begini Kronologi Politikus India yang Hina Nabi Muhammad

Headline
Masjid di India (Ilustrasi/Pixabay)Masjid di India (Ilustrasi/Pixabay)

Pantau.com – Dua politisi India dari partai Bharatiya Janata (BJP) menghina Nabi Muhammad SAW dan sang istri, Aisyah.

Dua politisi tersebut ialah Nupur Sharma, yang merupakan Juru Bicara Nasional BJP, dan Naveen Kumar Jindal, yang menjabat sebagai Kepala Operasi Media BJP.

Sharma melontarkan hinaannya tersebut saat memberikan pernyataan dalam acara debat di televisi pada pekan lalu. Sedangkan Jindal, menghina Nabi Muhammad SAW melalui unggahannya di Twitter.

Atas perilaku tak terpuji kedua politisi itu, terjadi bentrokan dan demonstrasi di negara bagian India. Para demonstran meminta pihak berwenang agar menangkap dua politisi tersebut.

Melansir dari Aljazeera, Senin (6/6/2022), Sharma mendapat hukuman skorsing dari keanggotaan utama partai BJP, dan Jindal dihukum dengan dikeluarkan dari partai BJP per Minggu, (5/6/2022).

BJP yang merupakan partai berkuasa di India, menekankan bahwa pihaknya menghormati semua agama dan tidak setuju dengan segala bentuk hinaan terhadap kepribadian semua agama.

Di media sosial, kemarahan dari netizen negara-negara Arab juga muncul, meminta pemboikotan produk India karena negara tersebut dianggap telah mendukung Islamofobia, seperti Prancis dan China.

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengecam hinaan tersebut.

“Sekretariat Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menyatakan kecaman keras dan kecaman atas penghinaan baru-baru ini yang dikeluarkan oleh seorang pejabat di partai yang berkuasa di India terhadap Nabi Muhammad SAW,” tulis organisasi tersebut dalam sebuah pernyataan resminya.

Begitu pula dengan negara-negara tetangga India. Negara-negara tersebut merasa kecewa dengan perkataan dua politikus itu.