Pantau Flash
2.326 Warga Sumsel Positif COVID-19 Dinyatakan Sembuh, Rasio 62,97 Persen
Ratu Tisha Banting Setir Jadi Komut Perusahaan Usai Lepas dari Sekjen PSSI
Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Vaksin COVID-19 Asal China
Presiden Jokowi Teken PP Pengalihan Status Pegawai KPK Jadi ASN
BPKN: Nilai Kepastian Hukum Konsumen Pengaruhi Angka PDB

Boeing Klaim 737 MAX Kembali Layani Penerbangan Komersil Januari Mendatang

Boeing Klaim 737 MAX Kembali Layani Penerbangan Komersil Januari Mendatang Foto udara pesawat Boeing 737 MAX yang tidak terbang terlihat terparkir di Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat. (Foto: Reuters/Lindsey Wasson)

Pantau.com - Boeing Co mengatakan, badan Amerika Serikat pengatur penerbangan akan menyetujui pesawat jenis 737 MAX kembali melayani penerbangan komersial dalam beberapa pekan mendatang, setelah sejak beberapa bulan lalu dilarang terbang.

Boeing mengatakan perusahaan itu berharap Badan Penerbangan Federal AS (FAA-Federal Aviation Administration) akan mengeluarkan putusan yang menyetujui jet tersebut beroperasi kembali bulan depan. Namun, Boeing menambahkan bahwa saat ini layanan penerbangan komersial diperkirakan bisa mulai aktif lagi pada Januari.

Baca juga: MAX 8 Kelamaan Nganggur, Lion Dapat Kompensasi dari Boeing

Pekan lalu, Boeing menyatakan harapan bahwa penerbangan 737 MAX mulai dilanjutkan lagi pada akhir Desember.

Perusahaan tersebut mengatakan kelanjutan pengiriman jet-jet Boeing 737 MAX kepada para maskapai penerbangan langganannya mungkin saja akan mulai dilanjutkan pada Desember, tapi untuk mendapat persetujuan bagi perubahan pelatihan akan memerlukan waktu lebih lama.

American Airlines dan South Airlines pada Jumat pekan lalu mengatakan mereka memundurkan jadwal penerbangan kembali 737 MAX hingga awal Maret.

Baca juga: Didesak Mundur Parlemen AS dan Korban Lion Air JT610, Ini Kata Bos Boeing

Sejumlah maskapai utama mengatakan mereka akan butuh waktu sedikitnya satu bulan untuk menyelesaikan pelatihan serta memasang perangkat lunak, yang sudah direvisi, sebelum penerbangan bisa dimulai kembali.

FAA, sementara itu, menekankan bahwa badan federal tersebut belum menetapkan kerangka waktu soal kapan proses terkait penerbangan kembali jet 737 MAX akan diselesaikan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: