Pantau Flash
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai
Akibat COVID-19, BKPM Akan Revisi Target Realisasi Investasi
BMKG Prediksi Banjir Rob di Cirebon Terjadi hingga 6 Juni

Bos Amazon Jeff Bezos Kucurkan 10 Miliar Dolar AS untuk Perubahan Iklim

Bos Amazon Jeff Bezos Kucurkan 10 Miliar Dolar AS untuk Perubahan Iklim CEO Amazon Jeff Bezos. (Foto: Reuters/Clodagh Kilcoyne)

Pantau.com - Pendiri sekaligus bos Amazon Jeff Bezos mengatakan dirinya berencana untuk menghabiskan USD10 miliar dari kekayaannya sendiri untuk membantu memerangi perubahan iklim.

Bezos, orang terkaya di dunia, mengatakan dalam sebuah postingan di Instagram bahwa dirinya akan mulai memberikan hibah musim panas ini kepada para ilmuan, aktivis, dan organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi Bumi.

"Saya ingin bekerja bersama orang lain untuk memperkuat cara-cara yang diketahui, dan untuk mengeksplorasi cara-cara baru memerangi dampak buruk dari perubahan iklim," ujar Bezos dalam unggahan tersebut, dikutip dari New York Post, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Infografis 5 Brand Paling Bernilai di Tahun 2020, Amazon Teratas!

Amazon, perusahaan yang dijalankan Bezos, memiliki jejak karbon yang sangat besar. Tahun lalu, pejabat Amazon mengatakan perusahaan akan bekerja untuk memiliki 100 persen penggunaan energinya berasal dari panel surya dan energi terbarukan lainnya pada tahun 2030.

Pengecer online bergantung pada bahan bakar fosil untuk menggerakkan pesawat, truk, dan van untuk mengirimkan miliaran barang di seluruh dunia. Pekerja Amazon di markas Seattle-nya telah vokal mengkritik beberapa praktik perusahaan, mendorongnya untuk berbuat lebih banyak untuk memerangi perubahan iklim.

Bezos mengatakan bahwa ia akan menyebut inisiatif barunya Bezos Earth Fund. Seorang juru bicara Amazon membenarkan bahwa Bezos akan menggunakan uangnya sendiri untuk dana tersebut.

Baca juga: Mengenal Cara Amazon Ciptakan 'Mesin Uang'

Meskipun berada di antara orang-orang terkaya di dunia, Bezos baru-baru ini menjadi aktif dalam menyumbangkan uang sebagai penyebab seperti yang telah dilakukan miliarder lain seperti Bill Gates dan Warren Buffett. 

Pada tahun 2018, Bezos memulai dana lain, menyumbangkan USD2 miliar dari uangnya sendiri untuk membuka prasekolah di lingkungan berpenghasilan rendah dan memberikan uang kepada organisasi nirlaba yang membantu keluarga tunawisma.

Bezos, yang mendirikan Amazon 25 tahun yang lalu, memiliki saham di perusahaan yang bernilai lebih dari USD100 miliar.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: