Pantau Flash
Penembakan di Cafe Shisha Jerman, 9 Orang dan Pelaku Tewas
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya

Bukan Hanya Operasi Plastik, Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Korea Selatan

Bukan Hanya Operasi Plastik, Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Korea Selatan Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setiap negara memiliki keunikan dan keberagaman budaya masing-masing. Jika mendengar Korea Selatan mungkin Anda berpikiran banyaknya praktik operasi plastik di kalangan wanita.

Namun, berbicara tentang Korea Selatan, bukan hanya operasi plastiknya saja. Banyak yang hal mungkin belum Anda ketahui tentang negara yang terkenal dengan boy band dan girl band. Berikut lima fakta menarik tentang Korea Selatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Cerita Pramugari di Korsel Soal Operasi Plastik Jadi Norma Mencari Kerja

1. Valentine dan White Day


Valentine Day. (Foto: Pixabay)

Jika biasanya Valentine dirayakan dengan hadiah dari para pria, lain dengan di Korea Selatan. Para wanita pada hari Valentine akan memberikan cokelat dan hadiah kepada para pasangannya. 

Namun, pada 14 Maret, giliran para pria yang akan memberikan hadiah dan cokelat untuk para wanitanya. Hari itu dinamakan White Day. Hadiah yang diberikan pria dalam hari itu juga tiga kali lebih besar dari yang wanita berikan di hari Valentine.

Selain Valentine dan White Day, pada 14 Juni dirayakan sebagai Kiss Day dan 14 Desember sebagai Hug Day. Kemudian 14 April dirayakan sebagai Hari Hitam, saat itulah orang Korea yang lajang makan mie hitam lengket yang disebut jajangmyeon untuk meratapi cinta. 

2. Mall Tutup Pukul 04.00 Pagi


Ilustrasi toko baju. (Foto: Pixabay)

Penduduk di Korea sangat suka berbelanja. Hal itu memicu pusat perbelanjaan besar yang ada di negara itu buka hingga 04.00 pagi. Kota Busan memiliki department store terbesar di dunia dengan nama Shinsegae.

Kegemaran berbelanja penduduk Korea Selatan membuat negara itu menjadi negara pengguna kartu kredit paling produktif di dunia.

3. Taksi Berbagai Warna


Taksi di Korea Selatan. (Foto: Getty Images)

Jika pergi ke Korea Selatan, Anda akan menemukan pemandangan warna taksi yang berbeda-beda. Bukan tanpa alasa, taksi dengan warna berbeda memiliki arti yang berbeda di Korsel.

Taksi berwarna abu-abu atau putih dikemudikan oleh sopir yang berkualitas namun kurang berpengalaman. Sedangkan, warna hitam adalah kendaraan mewah yang dibawa oleh sopir berpengalaman.

Baca juga: 3 Negara Dengan Bisnis Operasi Plastik Terlaris, Korsel Bukan Nomor 1

4. Operasi Plastik

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Praktik operasi plastik merupakan hal yang umum dilakukan di Korea Selatan. Selain karena biayanya murah, akses untuk operasi plastik juga mudah dan banyak. Tercatat hingga 2017, terdapat 1.414 klinik bedah plastik yang terdaftar di Korea Selatan.

Selain operasi plastik, produk kosmetik untuk wanita maupun pria yang dihasilkan negeri ini sangat terkenal. Seperempat kosmetik pria di dunia terjual di sini, dengan hampir 20% populasi pria di sini menggunakan make up secara teratur.

5. Perbatasan Paling Ketat

Militer Korea Utara dan Korea Selatan berjaga di Zona Demiliterisasi. (Foto: Reuters)

Korea Selatan mempunya perbatasan dengan Korea Utara yang disebut-sebut sebagai perbatasan militer paling ketat di dunia. Salah satunya Panmunjom, sebuah desa kecil yang berada sekitar 55 kilometer sebelah utara dari Seoul, menjadi batas negara antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Gencatan senjata yang mengakhiri permusuhan antara kedua negara ditandatangani di tempat ini pada 1953. Tetapi, karena perdamaian tidak pernah disetujui, kedua belah pihak masih resmi berperang lebih dari lima puluh tahun kemudian dan satu juta orang berjaga-jaga di sekitar Zona Demiliterisasi (DMZ).

Wilayah ini juga menjadi tempat dengan penjagaan paling ketat di muka bumi dengan kurang lebih menempatkan dua juta personel militer. Satu kilometer dari timur desa ini sangat sepi karena menjadi Joint Security Area (JSA) atau Area Keamanan Bersama.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: