Pantau Flash
ICW: Pernyataan Jokowi Jadi Teguran Keras Buat Yasonna
Keluyuran saat Pandemi Korona, 20 Orang Diamankan Polisi di Jakarta Utara
Surat Edaran Kemenag: Salat Tarawih di Rumah dan Salat Id Ditiadakan
639 Jenazah Dimakamkan di DKI Jakarta Sesuai Protap COVID-19
Update COVID-19 Indonesia 6 April: 2.491 Positif, 192 Sembuh, 209 Meninggal

Deretan April Mop Terkonyol yang Bikin Geger, dari Presiden hingga Erupsi

Deretan April Mop Terkonyol yang Bikin Geger, dari Presiden hingga Erupsi Ilustrasi erupsi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Beberapa sejarahwan percaya bahwa April Mop atau April Fools Day berasal dari tahun 1582 ketika Prancis beralih ke kalender Gregorian, yang mengubah hari, tahun baru dari 1 April menjadi 1 Januari.

Sejak saat itu, banyak orang melakukan prank pada April Fools Day. Namun, beberapa prank yang dilakukan justru berlebihan dan menyebabkan kekacauan.

Berikut 5 prank pada April Fools Day yang menyebabkan kekacauan.

1. Prank Erupsi The Great Blue Hill


Ilustrasi erupsi. (Foto: Shutterstock)

Pada April Fools Day tahun 1980, produser berita TV Boston, Homer Cilley, menyiarkan siaran televisi tentang erupsi di Milton, Massachusetts, dengan meluapnya lava pada gunung tersebut. Ia juga menyiarkan peringatan palsu dari Presiden saat itu, Jimmy Carter, serta rekaman dari gunung St. Helen, di mana dikatakan bahwa gunung Massachusetts telah meletus sepenuhnya.

Baca juga: Peraturan Lebih Ketat, Sekarang Prank Dilarang YouTube?

Namun, pada akhir berita tersebut ia mengatakan April Fools Day. Meski demikian, akibat siaran palsu itu masyarakat panik meminta pertolongan lewat layanan darurat. Akibat perbuatannya, Cilley dipecat dan gagal meraih 'good news judgement' dan melanggar aturan FCC.

2. Prank Perang Israel

Tentara Israel (Foto: Reuters/Mohamad Torokman)

Pada 1986, seorang perwira intelijen Israel memainkan lelucon April Mop dengan melibatkan berita palsu bahwa seorang pemimpin Islam telah terluka parah dalam upaya pembunuhan. Berita tersebut menyebabkan ketegangan meningkat di wilayah tersebut.

Akibat prank yang hampir membuat perang itu, perwira intelijen itu harus menghadapi proses hukum di pengadilan.

3. Prank Presiden

Richard Nixon. (Foto: Shutterstock)

Pada tanggal 1 April 1992, seorang pria yang mengaku sebagai Richard Nixon, mengatakan kepada NPR bahwa dirinya akan mencalonkan dirinya sebagai Presiden dan mengatakan 'saya tidak pernah melakukan sesuatu yang salah, dan saya tidak akan melakukannya lagi".

Di hari yang sama, ribuan orang percaya bahwa itu adalah Richard Nixon yang mengumumkan untuk maju menjadi Presiden lagi. Meski kebenarannya telah diungkapkan, amarah masyarakat tetap tak bisa dihentikan dan sejumlah protes tetap dijalankan.

4. Prank UFO


Ilustrasi UFO. (Foto: Shutterstock)

Sebuah surat kabar di Jordan pada 1 April 2010 silam menulis sebuah berita bahwa UFO telah mendarat di dekat sebuah Kota Jafr. Melihat kabar tersebut, Walikota Jafr segera mengevakuasi 13.000 orang yang ada di kota tersebut.

Baca juga: Pantau Video: Prank Konyol Bawa YouTuber Spanyol Terancam Denda Rp520 Juta

Namun, ternyata berita itu hanyalah April Mop. Akibat

berita palsu itu, surat kabar menghadapi potensi gugatan dan para staf meminta maaf secara terbuka dengan mengatakan "kami bermaksud untuk menghibur, bukan untuk menakut-nakuti masyarakat".

5. Prank Kapal Titanic

Ilustrasi tebing. (Foto: Peter Cripps/Shutterstock)

Pada 2001, DJ di Inggris melakukan prank kepada para pendengarnya dengan mengumumkan bahwa akan ada kapal seperti Titanic yang bisa terlihat dari atas tebing di Beachy Head di East Sussex. 

Ratusan pendengar yang percaya mendatangi tebing dan mendaki ke atas tebing untuk melihat kapal Titanic. Sayangnya, kehadiran para pengunjung itu telah menyebabkan kerusakan besar pada tebing dan beberapa hari kemudian hancur dengan jatuh ke laut.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: