Pantau Flash
Jokowi Benarkan 4 WNI Positif Korona di Kapal Pesiar Diamond Princess
Ada Gubernur Belum Alihkan Kewenangan Izin Investasi, Bahlil Lapor Presiden
KPK Takut Tangkap DPO Eks Sekretaris MA Nurhadi?
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona

Deretan Militer Terkuat di Asia yang Tak Kalah dengan Eropa dan Amerika

Deretan Militer Terkuat di Asia yang Tak Kalah dengan Eropa dan Amerika Ilustrasi pasukan elite Indonesia. (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Militer negara Eropa dan Amerika boleh jadi memiliki kelengkapan yang sangat mumpuni untuk berperang. Namun jangan pernah anggap sebelah mata, angkatan militer negara-negara Asia, karena militer terkuat di asia tak kalah dengan Eropa dan Amerika. Di kawasan Asia, angkatan militer kini menjadi sangat kuat dengan kelengkapan alutsista baru yang telah direformasi keseluruhan.

Lalu Apa Saja Negara dengan Militer Terkuat di Asia?

Berikut deretan negara dengan militer terkuat di Asia yang mengerikan dan juga.

1. Indonesia

militer indonesia

Kopassus. (Foto: Istimewa)

Dengan kekuatan militer yang dimiliki Indonesia, masuk dalam urutan ke-7 se-Asia. Kelengkapan alutsista jug atak bisa dianggap remeh. Tank, jet tempur, hingga prajurit TNI penuh dengan keahlian yang kuat.

Salah satu pasukan elite yang paling terkenal dari TNI ialah Kopassus atau Komando Pasukan Khusus. Anggota-anggota Kopassus memiliki kemampuan yang dilatih khusus agar mampu bergerak cepat di medan yang sulit, menembak sasaran dengan tepat, hingga pengintaian.

Baca juga: Infografis 5 Pasukan Elite Indonesia Paling Ditakuti Dunia

2. China

militer china

Militer China. (Foto: Reuters)

China kini telah menjelam dengan angkatan militer mumpuni. Faktor ekonomi menjadi penopang utama yang tak terbantahkan.

Dengan reputasi sebagai negara yang disegani di kawasan Asia, Negeri tirai bambu ini memiliki jutaan prajurit perang. Ditambah lagi ribuan alat perang berupa tank, pesawat tempur hingga persenjataan.

3. Jepang

militer jepang

Militer Jepang. (Foto: Reuters)

Di bidang kekuatan militer, Jepang menduduki peringkat 7 di dunia. Peralatan baru nan canggih boleh jadi membuat negara Matahari Terbit itu semakin kuat dari sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan China, memang Jepang lebih kecil. Tapi perlu diingat, hal itu bukan jawaban untuk head to head yang jelas.

Baca juga: Hong Kong Bergejolak, China Tolak Kedatangan Kapal Militer AS

4. Korea Selatan

militer korea selatan

Militer Korea Selatan. (Foto: Reuters)

Korea Selatan memiliki 560 ribu pasukan aktif, serta 2.300 tank. Negara besutan Moon Jae-in itu juga bisa memproduksi senajat perang sendiri, hingga rudal kendali. 

Usut punya usut, pola latihan yang disiplin membuat prajurit militer Korsel menjadi kuat. Konon, latihan yang dilakukan tampak seperti

5. India

militer india

Militer India. (Foto: Reuters)

Banyak yang menyatakan jika India bukanlah sebuah nebgara dengan perangkat militer yang kuat.

Namun nyatanya, India memiliki segudang keahlian dalam bidang militer. Angkata perang, rudal balistik, rudal pencegat, dimiliki negara dengan mayoritas penghuni umat Hindu itu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: