Pantau Flash
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020

Deretan Pemimpin Paling Diktator dan Terkejam Dunia, Adakah dari Indonesia?

Deretan Pemimpin Paling Diktator dan Terkejam Dunia, Adakah dari Indonesia? Kim Jong Un. (Foto: Reuters/Shamil Zhumatov)

Pantau.com - Menjadi pemimpin negara tentunya harus selalu memberikan rasa dekat dengan warganya. Baik dari tatap muka langsung, atau juga kebijakan yang pro kepada rakyat kecil.

Kedekatan itu juga sejatinya dipercaya bisa meningkatkan kepercayaan rakyat terhadap pemimpinnya dalam memperjuangkan bangsa. Namun, ada juga pemimpin yang dicap diktator oleh rakyatnya alias si tangan besi. 

Berikut Pantau.com rangkum, Presiden dunia yang dianggap diktator. 

1. Bashar al-Assad (Suriah)


Bashar al-Assad. (Foto: Reuters)

Ia dianggap sebagai biang keladi kerusuhan yang tercipta di Suriah, hingga menyengsarakan rakyatnya. Sejak menjadi Presiden dari tangan ayahnya pada tahun 17 Juli 2000 silam, Assad, telah menghadirkan perang saudara yang mengerikan. Di mana, ratusan ribu warga meregang nyawa. 

Pria kelahiran 11 September 53 tahun silam itu juga disebutkan telah menghukum para pemberontak di pemerintahnannya. Tak tanggung-tanggung, hukuman yang diberikan dari kursi listri, hingga menggunakan alat berat.

Perperangan dengan AS serta adanya teroris ISIS menambah catatan kelam Assad.

Baca juga: Rusia vs Amerika Serikat, Ini Dia 10 Negara Terkuat di Dunia

2. Muammar Gaddafi (Libya)


Muammar Gaddafi. (Foto: Reuters)

Ia adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai Kepala Revolusioner Republik Arab Libya dari tahun 1969 hingga 1977. Kengerian terjadi ketika ia mengikuti ideologinya sendiri yang disebut Teori Internasional Ketiga.

Kelakukan buruknya menyelipkan lembaran hitam pada dirinya. Khadafi adalah tokoh yang kontroversial dengan merajai politik Libya selama empat dasawarsa.

3. Kim Jong Un (Korea Utara)


Kim Jong Un. (Foto: Reuters)

Pria bertubuh gempal ini memang terkenal dengan cara kepemimpinannya yang mengerikan, diktator dan sadis. Rezimnya merupakan salah satu yang paling represif di dunia.

Kim juga memilki hukum yang menganut paham keturunan. Dan itu memang adanya. Kim bisa memenjarakan satu keluarga hingga 7 keturunan.

Ia secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara setelah pemakaman kenegaraan ayahnya pada tanggal 28 Desember 2011.

Baca juga: Sudah Tahu, Ini Dia 5 Negara Paling Rasis di Dunia

4. Robert Mugabe (Zimbabwe)


Robert Mugabe. (Foto: Reuters)

Mugabe terpilih sebagai presiden pertama Zimbabwe. Ia adalah pemimpin yang dicap sangat otoriter selama bertahun-tahun oleh rakyatnya. Bahkan sejak tahun 1988 lalu, usia harapan untuk hidup di Zimbabwe hanya mencapai usia 38 tahun. 

Berdasarkan data Amnesty International, Mugabe telah menbunuh 70.000 orang. 

5. Thaksin Shinawatra (Thailand)


Thaksin Shinawatra. (Foto: Reuters)

Sosok Thaksin dikenal sangat kejam dan tak pandang bulu. Bahkan Raja Thailand  Maha Vajiralongkorn, mencabut seluruh gelar yang diberikan kepada mantan perdana menteri itu.

Alasanya, skandal jahat Thaksin sudah mulai terungkap.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional