Pantau Flash
Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris Positif COVID-19
Tim SAR Kerahkan 4 Helikopter ke Paniai Evakuasi Heli PT NUH
Total Kasus Positif di Lingkungan KPK Mencapai 115 Orang
Pesawat Dabi Air Ditembaki di Bandara Bilogai Papua oleh KKB
Belum Bayar Utang ke Negara, Bambang Trihatmodjo Dicegah ke Luar Negeri

Deretan Tokoh Dunia dengan Fobia Akut, dari Napoleon hingga Walt Disney

Deretan Tokoh Dunia dengan Fobia Akut, dari Napoleon hingga Walt Disney Walt Disney. (Foto: The Independent)

Pantau.com - Fobia atau gangguan anxietas fobik merupakan rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. 

Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti, bahkan oleh para tokoh-tokoh berpengaruh di dunia ini, termasuk presiden pertama Amerika Serikat George Washington.

Baca juga: Bukan Hanya Ular, 5 Hewan Ini Juga Punya Racun Paling Mematikan di Bumi

Siapa saja tokoh dunia yang mengalami ketakutan berlebih?

1. George Washington

George Washington. (Foto: Wikipedia)

Tak terkecuali untuk presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, juga mempunyai ketakutan terhadap suatu hal. Ia memiliki ketakutan yang sangat serius pada penguburan prematur.

Ketakutannya itu ditulis jelas di sebuah ranjang saat kematiannya pada 1799. Tertulis pesan yang menyatakan bahwa tubuhnya baru boleh dikubur dua hari setelah waktu kematiannya.

Hal tersebut dilakukan karena George Washington khawatir tubuhnya masih hidup saat ia dikubur. Ketakutan ini dinamai Taphephobia, fobia yang cukup umum dialami penduduk Amerika pada abad ke 16 dan 17.

2. Nikola Tesla

Nikola Tesla. (Foto: Wikipedia)

Nikola Tesla merupakan penemu elektromagnetisme dan listik, di mana nama belakangnya dijadikan satuan listrik. Tesla ternyata merupakan germaphobe, yakni ketakutan bersentuhan dengan orang lain dengan alasan penyebaran kuman. 

Ia dikethui sering kali mencuci tangannya. Selain fobia itu, Tesla juga disebut sangat takut pada perhiasan, terutama anting yang mengandung mutiara.

3. Richard Nixon

Richard Nixon. (Foto: Biography)

Presiden Amerika Serikat ke 34 ini ternaytaa memiliki ketakutan berlebih terhadap rumah sakit. Seumur hidupnya, Nixon dikatakan tidak pernah pergi ke tempat itu, hal itu karena dirinya percaya jika sekali datang ke rumah sakit orang tak akan keluar hidup-hidup.

Pada 1974 Nixon selamat dari penyakit pembekuan darah sekaligus fobianya yakni tanpa dirawat di rumah sakit. Meski demikian dia tidak menganjurkan warganya untuk meniru dirinya.  

Baca juga: 5 Penyebab Sarjana Menganggur, Miris Banget Deh

4. Walt Disney

Walt Disney. (Foto: The Independent)

Walt Disney merupakan penemu sekaligus pencipta Disney World dan rangkaian cerita termasuk tokoh Mickey Mouse. Namun, apakah kamu tahu bahwa Walt Disney ternyata memiliki fobia tikus?

ketakutan ini disebut mushophobia. Ide Disney dalam menciptakan tokoh Mickey Mouse berasal dari pengalamannya melihat tikus berkeliaran di garasi rumahnya. 

5. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bornaparte. (Foto: Wikimedia)

Kaisar Napoleon Bonaparte adalah seorang pemimpin militer dan politik Prancis yang menjadi terkenal saat Perang Revolusioner. Ia diketahu memiliki fobia terhadap kucing. 

Belum jelas mengapa ia sangat takut kepada kucing. Setiap melihat kucing termasuk anak kucing yang lucu ia pasti panik. Bukan hanya Napoleon saja yang takut kucing, Adolf Hitler, Benito Mussolini, dan Julius Caesar juga takut dengan binatang lucu berbulu itu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW