Pantau Flash
Kasus Korona di AS Terus Meningkat, Emas Jatuh Investor Beralih ke Dolar
Luis Suarez Sepakati Kontrak 2 Tahun Bersama Atletico Madrid
Pertamina EP Asset 3 Berhasil Tingkatkan Produksi Migas
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19

DPR Amerika Serikat Cegah Trump Berperang dengan Iran

DPR Amerika Serikat Cegah Trump Berperang dengan Iran Ilustrasi - Presiden Donald Trump pada Rabu (8/5/2019) memerintahkan sanksi baru terhadap Iran, kali ini menargetkan sektor logam industri. ANTARA/Istimewa/pri.

Pantau.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat pada Kamis 9 Januari 2020 mengesahkan resolusi untuk mengendalikan wewenang Presiden Donald Trump agar tidak berperang dengan Iran.

Resolusi itu dikeluarkan beberapa hari setelah Trump memerintahkan serangan pesawat nirawak, yang menewaskan seorang komandan terkemuka Iran.

DPR AS, yang dikuasai Demokrat, menghasilkan suara dukungan 224 berbanding 194 untuk mengesahkan resolusi tersebut. Kubu Demokrat menuduh Trump bertindak secara serampangan.

Baca juga: Iran Tak Akan Serahkan Kotak Hitam Pesawat Ukraina yang Jatuh pada Boeing

Resolusi hasil DPR itu kemudian disampaikan ke tingkat Senat, yang dikuasai Republik, dan nasibnya tidak jelas. Para anggota asal Partai Republik menduduki 53 dari 100 kursi Senat dan mereka jarang menentang sang presiden dalam pemungutan suara.

Namun, sedikitnya dua senator Republik telah menyatakan dukungan bagi resolusi soal wewenang perang itu.

Jika disahkan di DPR dan Senat, resolusi itu tidak memerlukan tanda tangan Trump untuk dapat diberlakukan. Gedung Putih sudah mengeluarkan pernyataan menentang resolusi tersebut.

Baca juga: Ketegangan Iran-AS, Moqtada al-Sadr: Bungkam Suara Ekstremis Bajingan

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: