Pantau Flash
Filipina Hentikan Pemberian 'Visa on Arrival' bagi Warga China
Jokowi: Indonesia Alami Obesitas Regulasi
Upaya Evakuasi WNI dari Terjangan Virus Korona di Wuhan Sulit Dilakukan
BKPM Berharap Virus Korona Tak Pengaruhi Investasi dari China
Menteri Erick Thohir Sebut DP 0 Persen Tidak Mendidik Generasi Muda

Dubes Korsel Sebut Habibie Jadi Sosok yang Mempererat Dua Negara

Dubes Korsel Sebut Habibie Jadi Sosok yang Mempererat Dua Negara BJ Habibie (Foto: Dok Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pantau.com - Mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie menjadi tokoh yang mampu memperat hubungan Indonesia dan Korea Selatan ketika keadaan transisi demokrasi Indonesia dalam lebih terbuka. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom.

“Dalam masa-masa sulit, Indonesia dan Korea Selatan telah membangun hubungan dengan cepat dan saya rasa salah satu pilar dari hubungan tersebut adalah dedikasi dan pencapaian Pak Habibie," kata Dubes Kim usai menghadiri prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Menurut Kim, Indonesia baru saja kehilangan sosok "besar" yang telah menggawangi transisi Indonesia menuju demokrasi di awal Era Reformasi '98, sekaligus menjaga stabilitas ekonomi di masa yang sulit. “Bahkan, Pak Habibie mendapatkan gelar kehormatan dari Korea Selatan,” ujarnya.

Baca juga: Dunia Berduka atas Meninggalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie

Gelar yang dimaksud adalah gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Chungbuk National University dan Hankuk University of Foreign Studies di Korea Selatan atas jasanya dalam teknologi pesawat terbang.

Kedua gelar tersebut juga dibacakan dalam prosesi pemakaman Habibie, bersama sederet gelar kehormatan yang ia peroleh semasa hidupnya.

“Ini adalah kehilangan yang besar. Kami menyampaikan belasungkawa terdalam dan simpati kami ada bersama masyarakat Indonesia,” kata Kim.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Lilis Varwati
Category
Internasional

Berita Terkait: