Fahri Hamzah Doakan Jokowi Selamat di Ukraina

Headline
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022). Dok. Antara

Pantau – Keberangkatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina menjadi sorotan. Hal itu karena bukan kunjungan dalam situasi normal.

Jokowi berangkat ke Kiev, Ibu Kota Ukraina dengan membawa misi perdamaian. Jokowi ingin ketegangan Ukraina dengan Rusia segera berakhir.

Lantaran kunjungan tidak normal, Jokowi rela menggunakan kereta api dari Polandia ke Ukraina dengan menghabiskan waktu sekitar 12 jam. Jokowi didoakan agar mendapatkan perlindungan dari yang mahakuasa terkait kunjungan kali ini.

“Fi amaanillah…(Semoga engkau dalam perlindungan Allah SWT),” kata Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah dalam akun twitternya, Rabu (29/6/2022).

Jokowi berangkat dari Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl pada Selasa (28/6/2022) pukul 21.15 waktu setempat atau Rabu (29/6/2022) dini hari pukul 02.15 WIB.

Dalam sebuah foto yang dibagikan Biro Pers, Media dan Informasi Presiden, Jokowi dan Iriana terpantau menggunakan jaket biru.

Mereka berdua juga terlihat berada di dalam kereta dengan interior didominasi warna emas. Mereka akan berada di dalam kereta selama 12 jam.

Keberangkatan Jokowi didampingi rombongan terbatas, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk misi perdamaian. Ia juga akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Presiden @jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian.. Presiden @jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia, dalam rombongan yg sangat terbatas #bismillah #perjalananbersejarah #misiperdamaian,” kata Pramono Anung melalui akun instagram, Selasa (28/6/2022).

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi