Gempa Guncang Taiwan, Dua Tewas dan 149 Orang Dinyatakan Hilang

Gempa Taiwan (Foto: Istimewa)Gempa Taiwan (Foto: Istimewa)

Pantau.com – Sebanyak 149 orang masih dinyatakan hilang akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah dekat kota wisata Hualien, Taiwan, Selasa malam, 6 Februari 2018, waktu setempat. Hingga kini, petugas penyelamat masih terus melakukan pencarian korban yang tertimbun bangunan runtuh.


Tak hanya itu, gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) itu, dua orang dinyatakan tewas dan 219 mengalami luka-luka. Pusat gempa berjarak 22 kilometer sebelah timur laut Hualien, pantai timur Taiwan.


Dari data sementara yang dihimpun pemerintah setempat, sebanyak 149 orang tidak diketahui keberadaannya atau masih hilang usai gempa. Korban hilang itu diduga masih terjebak di dalam gedung yang miring atau di antara reruntuhan gedung yang roboh.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen terlihat mendatangi lokasi yang dilanda gempa pada Rabu dini hari (7/2/2018) untuk memantau situasi terkini di lokasi kejadian.

“Presiden meminta kabinet dan kementerian terkait untuk segera meluncurkan ‘mekanisme bencana’ dan bekerja secepat mungkin untuk pemulihan bencana,” demikian pernyataan kantor kepresidenan Taiwan.

Kota Hualien dihuni oleh sekitar 100 ribu orang. Saat ini. kondisi di sana ibarat kota mati. Jalanan retak akibat gempa, bangunan roboh dan miring, serta 40 ribu rumah ditinggalkan pemiliknya tanpa listrik dan air.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Adryan N