Pantau Flash
Kapolsek Parigi Perkosa Anak Tersangka, Kapolda Sulteng Minta Maaf
31 Gempa Susulan Guncang Semarang hingga Minggu Siang
Buka Festival Sriwijaya XXIX, Sandiaga Uno Harapkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumsel Segera Bangkit
Panglima TNI Bilang TNI dan Polri Adalah Ujung Tombak Penanggulangan COVID-19
YLKI Sebut Aturan Wajib PCR Penumpang Pesawat Diskriminatif, Minta Jangan Ada Aura Bisnis dan Pihak yang Diuntungkan

Greta Thunberg, Pegiat Iklim 16 Tahun Tiba di New York Emisi Non Karbon

Greta Thunberg, Pegiat Iklim 16 Tahun Tiba di New York Emisi Non Karbon Aktivis iklim dunia berusia 16 tahun Greta Thunberg. (Foto: Reuters/Fabrizio Bensch)

Pantau.com - Pegiat iklim Greta Thunberg dijadwalkan berlayar ke Pelabuhan New York pada Rabu dengan kendaraan emisi nol karbon, untuk melengkapi perjalanannya selama 14 hari dari Inggris guna menghadiri KTT Iklim PBB di New York September.

Remaja Swedia yang berusia 16 tahun itu, yang berlayar dari Plymouth, Inggris pada 14 Agustus, mencuri perhatian internasional tahun lalu, ketika ia mulai absen sekolah pada Jumat untuk memprotes lambannya pemerintah terhadap perubahan iklim sekaligus menginspirasi pemuda di seluruh dunia untuk melakukan hal serupa.

"Daratan! Lampu-lampu Long Island dan New York City di depan," cuit Thunberg sekitar pukul 04.00 waktu setempat pada Rabu. Ia mengunggah gambar titik kecil cahaya di gelapnya cakrawala.

Baca juga: Tak Ada Lagi Gambar Indah! Ini 5 Bukti Mengerikannya Perubahan Iklim Dunia

Bukannya menggunakan pesawat yang membakar bahan bakar dan berkontribusi terhadap polusi karbon di atmosfer, Thunberg memilih melakukan perjalanan trans-Atlantik bebas emisi karbon dengan berlayar bersama Malizia, kapal balapan yang dilengkapi panel surya dan turbin bawah air yang menghasilkan listrik.

Kapal itu tidak memilik pancuran untuk mandi atau toilet, dan mereka yang berada di kapal termasuk ayah Thunberg dan anggota kru berencana mengkonsumsi makanan kering beku selama perjalanan.

Selain KTT Iklim PBB di New York, Thunberg berniat akan bergabung dengan konferensi perubahan iklim COP 25 di Santiago, Chile pada Desember.

Baca juga: Demi KTT Iklim PBB, Gadis Berusia 16 Tahun Ini Rela Seberangi Atlantik

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: