Hampir 90 Persen Jemaah Calon Haji Indonesia sudah di Mekkah

Headline
Arsip Foto - Jamaah haji dari Indonesia kembali ke penginapan usai beribadah di Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Pantau – Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif mengatakan hingga saat ini sudah hampir 90 persen jemaah calon haji Indonesia yang sudah tiba di Mekkah, Arab Saudi.

“Alhamdulillah jemaah haji sudah berangsur-angsur tiba di Kota Mekkah. Sampai dengan saat ini kurang lebih tinggal 10 persen lagi jemaah kita yang belum tiba,” kata Khanif seperti dikutip Antara, Kamis (30/6/2022).

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, saat ini sudah 84.844 jemaah yang tiba di Tanah Suci.

Maka sebanyak 15.207 jemaah di Tanah Air yang belum berangkat ke Arab Saudi.

Berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 1443 H/2022 M, akhir pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah dijadwalkan pada 3 Juli 2022.

“Closing date” atau kedatangan terakhir jemaah haji yaitu pada 3 Juli 2022 sehingga Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jemaah haji setelah tanggal tersebut.

“Kita harapkan sampai tanggal 4 Juli seluruh jemaah haji sudah tiba di Mekkah,” tambah dia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi