Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

Hutan Amazon Terbakar, Pemerintah Brasil Tolak Dana USD22 Juta dari G7

Hutan Amazon Terbakar, Pemerintah Brasil Tolak Dana USD22 Juta dari G7 Kebakaran hutan Amazon (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemerintah Brasil menolak tawaran bantuan dana dari negara-negara G7 untuk membantu mengatasi kebakaran di hutan hujan Amazon. Namun pemerintah Brasil tidak memberikan alasan penolakan bantuan tersebut. 

Sebelumnya Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan tujuh negara yang tergabung pada G7 akan menggelontorkan dana sebanyak 22 juta dolar. 

Penolakan bantuan itu disampaikan kepala staf presiden Brazil Jair Bolsonaro, Onyx Lorenzoni, mengatakan kepada situs web berita Globo. "Terima kasih, tapi mungkin sumber daya itu lebih relevan untuk reboisasi Eropa," kata Lorenzoni dikutip dari BBC, Selasa (27/8/2019).

Baca juga: Infografis 5 Fakta Terbakarnya Amazon, Hutan Hujan Tropis Terbesar Dunia

Lorenzoni bahkan menyindir presiden Prancis Macron yang tidak bisa mencegah kebakaran gereja katedral Notre-Dame di Paris pada bulan April.

"Macron bahkan tidak bisa menghindari kebakaran di sebuah gereja yang merupakan bagian dari warisan dunia, dan dia ingin memberi kita pelajaran untuk negara kita?" ucap Lorenzoni.

Menurut Lorenzoni, Brasil bisa mengajarkan "negara mana pun" cara melindungi hutan asli.

Sebelumnya, bantuan dana tersebut diumumkan pada hari Senin (26/8) lalu ketika para pemimpin G7 - Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan AS - bertemu di Biarritz, Prancis untuk melakukan KTT G7. 

Baca juga: Demi 'Paru-Paru Dunia', Leonardo DiCaprio Janji Kucurkab Dana 5 Juta Dolar

Macron mengatakan dana itu akan segera tersedia, terutama untuk membayar lebih banyak pesawat pemadam kebakaran. Selain itu Prancis juga akan menawarkan dukungan dengan militer di kawasan itu.

Tetapi Bolsonaro, yang terlibat dalam pertikaian publik dengan Macron dalam beberapa pekan terakhir, menuduh pemimpin Prancis itu melancarkan serangan tidak masuk akal dan serampangan terhadap wilayah Amazon, dan menyembunyikan niatnya di balik gagasan 'aliansi' dari Negara G7.

Terlepas dari komentar Bolsonaro, menteri lingkungan hidup Brazil Ricardo Salles mengatakan bahwa dana itu disambut baik.



Tim Pantau
Sumber Berita
bbc.com
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: