Pantau Flash
KPK Ingatkan Penyelewengan Anggaran Terkait Korona Bisa Dihukum Mati
Pangeran Charles Sembuh dari Virus Korona
Mitigasi Dampak COVID-19, BI Dukung Penerbitan Perppu No 1 Tahun 2020
10.597 Warga Jabar Sudah Ikut Rapid Test, 409 Ditemukan Positif COVID-19
Di Tengah Wabah Korona, Menteri Edhy: KKP Akan Berikan Layanan Terbaik

Ini 5 Bencana yang Terjadi Jika Hutan Hujan Amazon Menghilang

Ini 5 Bencana yang Terjadi Jika Hutan Hujan Amazon Menghilang Pemandangan Amazon. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Hutan hujan Amazon semakin hari kian menyusut pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Jika menghilang, dampaknya akan menghancurkan bumi.

Amazon yang menjadi bagian Bolovia, Columbia, Ekuador, Guyana, Peru, Suriname, Venezuela, dan Brasil, telah bertempur melawan deforestasi selama puluhan tahun lamanya. Amazon telah memegang 10 persen dari semua flora dan fauna di bumi. 

Hutan hujan ini menyimpan 100 miliar metrik ton karbon, dan menurut World Wildlife Federation, Amazon telah mengontrol iklim kita melalui evapotranspiration. Berikut 5 dampak yang akan terjadi pada bumi kita ketika Amazon perlahan-lahan hancur.

1. Curah hujan tak stabil

Pemandangan Amazon. (Foto: Reuters)

Sebuah studi yang dirilis pada 2012 silam menunjukkan bahwa Amazon bertanggung jawab untuk membawa hujan ke daerah di sekitarnya. Deforestasi dapat mengurangi curah hujan di wilayah yang luas.

Baca juga: Amazon Kebakaran Besar, Ini 5 Fakta Mengejutkan Hutan Terbesar Dunia

Deforestasi di Amazon dapat secara tajam mengurangi curah hujan di bagian Brasil Selatan, daerah pertanian yang kaya, serta Paraguay dan Uruguay dan seterusnya.

2. Meningkatnya kekeringan

Pemandangan sungai Amazon. (Foto: Shutterstock)

Apa yang akan terjadi jika curah hujan tak lagi stabil? Akan ada sedikit air untuk diminum dan kekeringan yang merajalela. Kekeringan baru-baru ini yang terjadi di Sao Paula dianggap akibat buruk deforestasi. 

Menurut National Geographic, kurangnya hujan mengakibatkan ironi di bidang pertanian dan perternakan di wilayah terdampak. Kekeringan juga akan memburuk lebih banyak pohon yang mati, mengancam makanan dan pasokan air minum.

3. Meningkatnya gas rumah kaca

Pemandangan sungai Amazon. (Foto: Shutterstock)

National Geographic menyebutkan menebang lebih banyak pohon di Amazon akan mengarahkan pada transisi di mana jumlah gas rumah kaca di bumi meningkat. Peniliti hutan hujan tropis, Adriane Esquivel-Muelbert mengatakan, "jika kita mengacaikan Amazon, emisi karbon dioksida akan meningkat secara besar-besaran sehingga setiap orang akan menderita".

Baca juga: Tangan-tangan Setan Hidup untuk Samarkan Keindahan Amazon

Selain emisi karbon yang meningkat, kualitas udara akan jauh lebih buruk dan suhu global akan lebih panas.

4. Hilangnya keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati di Amazon. (Foto: Reuters)

Amazon merupakan rumah bagi jumlah besar spesies tanaman, serangga, jamur, dan satu spesies baru ditemukan setiap harinya di hutan tersebut. Pada 2012, The Guardian telah memperingatkan tentang spesies yang terancam punah, dengan melaporkan banyak flora dan fauna yang menghadapi kematian akibat rusaknya hutan. 

Hancurnya Amazon akan menghapus seluruh ekosistem di saat yang sama. Seluruh habitat yang terdapat di hutan tersebut akan menghilang.

5. Hilanya pasokan obat dunia

Pemandangan Amazon. (Foto: Shutterstock)

Mengapa manusia harus peduli akan kehilangan spesies? Esquivel-Muelbert mengatakan hal tersebut semacam klise bahwa obat untuk kanker mungkin berada di Amazon. Rainforest Trust juga menyoroti bahwa hampir 90 persen penyakit manusia dapat diobati dengan resep obat yang berasal dari alam Amazon.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: