Pantau Flash
WADA Menyetujui Reformasi untuk Meningkatkan Representasi Atlet
Seorang Anggota Pemuda Pancasila Jadi Tersangka Pemukulan Perwira Polisi, Kemungkinan Bakal Ada Tersangka Tambahan
Kemenkes Perkirakan OTG dan Terkonfirmasi COVID-19 Capai 16 Juta Orang
Dinilai Berjasa Percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Penurunan Tarif PCR, Menkes Budi Raih Penghargaan 'People Of The Year 2021'
Kominfo Imbau Waspada Hoaks COVID-19

Ini Dia Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS Pilihan Donald Trump

Ini Dia Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS Pilihan Donald Trump Donald Trump dan Melania. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Pantau.com - Penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump mengatakan, penasihat kebijakan Asia di Gedung Putih, Matt Pottinger akan menjadi wakil utamanya.

Robert O'Brien membuat pengumuman di dalam pesawat kepresidenan AS, Air Force One ketika Trump terbang dari Ohio ke New York, guna menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan sidang Umum PBB.

Baca juga: Trump Tuding Iran sebagai Dalang Serangan Fasilitas Minya Arab Saudi

Trump menunjuk O'Brien, pejabat kawakan dalam kebijakan luar negeri yang pernah menjabat sebagai juru runding sandera AS, akan menggantikan John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional.

Suami Melania itu dan Bolton yang berpandangan agresif memiliki perbedaan atas tantangan kebijakan luar negeri seperti Iran, Afghanistan dan Korea Utara.

Baca juga: Donald Trump Klaim AS Capai Kesepakatan Perdagangan dengan Jepang

Pottinger adalah mantan jurnalis dan mantan Marinir AS yang telah membantu menempa kebijakan China dan Korea Utara sejak Trump menjabat pada Januari 2017. "Dia pemain tim," kata O'Brien.

Pottinger memainkan peran penting dalam mengatur KTT Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sebuah keterlibatan diplomatik yang telah membuat sedikit kemajuan dalam membujuk Pyongyang untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: