Ini Hasil Pertemuan Jokowi dan Zelenskyy di Ukraina

Headline
Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pantau – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selesai melakukan pertemuan. Mereka membahas dan menyepakati sejumlah hal penting.

“Selama negosiasi, kami membahas pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina dan melanjutkan ekspor produk pertanian Ukraina, serta prospek rekonstruksi pascaperang Ukraina,” kata Zelenskyy seperti dimuat di akun instagramnya, Rabu (29/6/2022.

Dalam pertemuan itu juga disepakati peluncuran rezim bebas visa antara Indonesia dan Ukraina. Zelenskyy sangat berterima kasih atas kunjungan Presiden Jokowi di Ukraina.

“Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh,” tegas Zelenskyy.

Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Pertemuan berlangsung di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022).

“Di meja bundar kecil ini, saya dan Presiden Zelenskyy berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv,” kata Jokowi melalui akun twitternya, Rabu (29/6/2022).

Jokowi tampak menggunakan kemeja putih. Sementara Zelensky menggunakan kemeja warna gelap.

Jokowi tiba di lokasi pada Rabu sore pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi ingin menyampaikan langsung misi perdamaian kepada Zelensky.

“Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelenskyy semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” tegas Jokowi.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi