Isu Bilateral! Jokowi Gak Bohong, Rusia Benarkan Zelensky Titip Pesan ke Putin

Headline
Presiden Jokowi bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pantau – Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov membenarkan perihal pesan tak tertulis Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang disampaikan via Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Meski begitu, Peskov tak menjelaskan lebih lanjut dari pesan tak tertulis Zelensky tersebut. Polemik yang berkembang Jokowi malah dianggap berbohong soal pesan Zelensky kepada Putin.

“Itu bukan sebuah pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ujar Peskov, mengutip kantor berita Rusia, TASS, Jumat (1/7/2022).

Diketahui, Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia setelah dari Ukraina. Dalam kunjungan kenegaraan ke Negara Beruang Merah itu, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Putin dan melakukan konferensi pers bersama seusainya.

Jokowi mengatakan dirinya menyampaikan pesan dari Zelensky kepada Putin dalam pertemuan bilateral itu. Jokowi juga menyampaikan niat untuk membantu dialog antara pemimpin Rusia dan Ukraina.

Sementara, Juru Bicara Zelensky, Sergey Nikiforov, sebelumnya membantah adanya pesan Presiden Ukraina ke Putin, melalui Jokowi.
Menurut dia, jika pemimpinnya ingin mengirim pesan kepada Putin tak perlu perantara, karena bisa dilakukan secara langsung lewat pidato publik.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni