Jepang Sebut Rudal Terbaru Korut Bisa Jangkau Daratan Amerika

Headline
rudal korea utara korut - pantau.comdok KCNA

Pantau – Sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) yang terdeteksi baru saja diluncurkan oleh Korea Utara (Korut) dilaporkan jatuh di perairan zona ekonomi Jepang. Otoritas Tokyo menyebut rudal ICBM Korut itu diprediksi mampu menjangkau daratan utama Amerika Serikat (AS).

Mengutip AFP, Jumat (18/11/2022), Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengecam peluncuran rudal Korut itu.

“Benar-benar tidak bisa diterima,” kata Kishida.

Tokyo meyakini rudal Korut yang diluncurkan Jumat (18/11/2022) pagi itu jatuh di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

Itu menjadi peluncuran kedua yang dilakukan Pyongyang dalam dua hari terakhir.

Menteri Pertahanan (Menhan) Jepang Yasukazu Hamada mengatakan bahwa rudal kelas ICBM telah ditembakkan pada lintasan tinggi.

“Yang berarti rudal ditembakkan ke arah atas untuk menghindari terbang terlalu jauh hingga ke negara-negara tetangganya. Berdasarkan perhitungan dengan mempertimbangkan lintasannya, rudal balistik kali ini bisa memiliki kemampuan jangkauan 15.000 kilometer, tergantung pada berat hulu ledaknya, dan jika demikian, maka berarti daratan utama AS berada dalam jangkauannya,” tutur Hamada.

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan pihaknya mendeteksi sebuah rudal balistik jarak jauh (ICBM) ditembakkan sekitar pukul 10.15 waktu setempat, dari area Sunan di Pyongyang menuju Laut Timur.

Tim Pantau
Penulis
Fadly