Jokowi Minta Zulhas Bahas Kerja Sama Pangan dengan Mendag India

Headline
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi melakukan pertemuan bilateral di sela-sela KTT G7 2022. Dok. Antara

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi melakukan pertemuan bilateral di sela KTT G7 untuk membahas kerja sama pangan kedua negara. Khususnya kerja sama di bidang pangan.

“Mengenai kerja sama terkait perdagangan bahan pangan antara dua negara, saya akan minta Menteri Perdagangan Indonesia (Zulkifli Hasan/Zulhas) untuk segera berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan India,” kata Jokowi di Elmau, Jerman, seperti dilansir dari Antara, Senin (27/6/2022).

Dalam pertemuan ini juga, Jokowi turut membahas terkait situasi di Ukraina dengan Modi. Jokowi mengapresiasi India yang turut berperan aktif menghadirkan perdamaian di Ukraina secepat mungkin.

“Saya senang Indonesia dan India memiliki posisi yang kurang lebih sama antara lain mendesak penyelesaian secara damai,” tambah Presiden.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh Presidensi G20 India tahun depan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Modi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Presiden Jokowi hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-7 ke-48 yang digelar di Elmau, Jerman. KTT tersebut merupakan pertemuan tahunan negara G7 beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Perancis. Indonesia hadir sebagai negara mitra G7 sekaligus Presidensi G20.

Selain menghadiri sesi pertemuan dan jamuan makan malam, Presiden Jokowi juga dijadwalkan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yaitu Kanselir Jerman, Presiden Perancis, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Perdana Menteri Kanada.

Presiden Jokowi hadir dalam KTT G7 sebagai negara mitra G7 bersama 4 pemimpin lainnya yaitu Presiden Argentina, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Presiden Afrika Selatan, sekaligus sebagai Presidensi G20.

Dalam KTT G7 kali ini, Presiden Jokowi akan mendorong negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi yang sedang melanda dunia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi