Jokowi sudah Sampaikan langsung ‘Curhat’ Presiden Zelenskyy ke Putin

Headline
Foto tangkapan layar IG Presiden Rusia Vladimir Putin

Pantau – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Jokowi. Jokowi sudah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Jokowi menyadari situasi antara Ukraina dan Rusia masih sangat sulit, namun Jokowi tetap menyampaikan bahwa perdamaian menjadi suatu hal yang sangat penting. Jokowi ingin ruang dialog terus dibuka.

“Bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia bekerja sama kembali menghidupkan semangat mulilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Hanya dengan spirit itulah perdamaian dapat dicapai. Terima kasih Presiden Putin. Terima kasih,” tegas Jokowi.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi