Kabar Gembira bagi Zelenskyy! Jokowi: Putin Jamin Ekspor Produk Pangan Ukraina

Headline
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Rusia menjamin ekspor produk pangan Ukraina. Jaminan itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Jokowi.

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Jokowi menjelaskan pangan merupakan kebutuhan masyarakat dunia dan berkaitan dengan isu kemanusiaan. Ratusan juta bahkan miliaran orang terdampak jika rantai pasok pangan terganggu, terutama di negara-negara berkembang.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk, baik dari Rusia maupun Ukraina. Ini sebuah berita yang baik,” tegas Jokowi.

Jokowi menegaskan Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena ini menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia bekerja sama kembali menghidupkan semangat mulilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Hanya dengan spirit itulah perdamaian dapat dicapai. Terima kasih Presiden Putin. Terima kasih,” tegas Jokowi.

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi