Pantau Flash
Rapper Pop Smoke Tewas Ditembak di Rumahnya
Lewis Hamilton Tercepat Hari Pertama Uji Coba Barcelona
Polemik Salah Ketik Pasal 170 RUU Ciptaker Tanggung Jawab Perumus
Menpora Sebut Belum Ada Keputusan Jatim Jadi Tuan Rumah Pendamping PON 2020
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai

Kanada Diminta Turun Tangan Akhiri Sanksi AS Terhadap Venezuela

Kanada Diminta Turun Tangan Akhiri Sanksi AS Terhadap Venezuela Bendera Venezuela. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez mendesak Menlu Kanada Chrystia Freeland agar membantu mengakhiri sanksi Amerika Serikat atas Venezuela dalam pertemuan ketiga mereka sejak Mei.

Kedua menteri luar negeri tersebut membicarakan krisis kemanusiaan dan politik di negara Amerika Selatan itu.

Kuba, yang diperintah oleh Komunis, adalah sekutu kuat Presiden Nicolas Maduro, yang beraliran kiri dan kebanyakan negara Barat termasuk Kanada ingin ia turun untuk memberi jalan kepada pemimpin oposisi Juan Guaido, yang menyatakan terpilihnya Maduro adalah curang dan harus ada pemungutan suara baru.

Baca juga: AS Ancam Perusahaan yang Berbisnis dengan Venezuela, PBB Dimintai Bantuan

Peningkatan sanksi AS tahun ini, yang ditujukan untuk meningkatkan tekanan atas Maduro, telah melukai ekonomi yang sudah mengalami hiperinflasi yang telah memicu gizi buruk dan penyakit dan pada saat yang sama menyulut jutaan orang melarikan diri.

"Saya menyampaikan bahwa pengetatan #tindakan paksaan AS vs #Venezuela merusak rakyatnya dan bertentangan dengan hukum internasional dan proses dialog," kata Rodriguez di akun Twiiter dalam Bahasa Inggris setelah pertemuan tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.

Satu pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Kuba menambahkan bahwa menteri itu "mengusulkan kepada Kanada agar memberi sumbangan bagi penghapusan sanksi tersebut".


Pemerintah Presiden AS Donald Trump telah menentang sosialisme di Amerika Latin, dan menuduh Havana mendongkrak Maduro serta memperketat embargo dagang AS atas pulau itu tahun ini.

Strategi tersebut, yang lebih agresif dibandingkan dengan yang dillakukan negara lain Barat, sebagian tampak bertujuan meraih suara masyarakat Amerika Latin di pengasingan di Negara Bagian Florida dalam pemilihan presiden tahun depan, kata beberapa pengulas.

Baca juga: Perang Elektromagnetik Terjadi di Venezuela!

Wakil Presiden AS Mike Pence pada Juni menyeru Kanada agar berbuat lebih untuk secara langsung terlibat dengan Kuba mengenai apa yang ia sebut "pengaruh jahatnya" atas Venezuela.

Kementerian Luar Negeri Kanada mengatakan di dalam satu pernyataan bahwa Rodriguez dan Freeland sepakat bahwa pejabat senior akan terus mengadakan kontak dan terus bertukar pandangan mengenai Venezuela.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: