Karen Bass jadi Wali Kota Wanita Kulit Hitam Pertama di Amerika Serikat

Headline
Wali Kota Los Angeles, Karen Bass. (Foto: Getty Images)Wali Kota Los Angeles, Karen Bass. (Foto: Getty Images)

Pantau – Karen Bass berhasil mengalahkan Rick Caruso dan menjadi Wali Kota Los Angeles wanita berkulit hitam pertama saat kota tengah mengalami krisis tunawisma dan meningkatnya kejahatan, Rabu (16/11/2022).

Karen yang bekerja di kantor kongresnya diberi tahu oleh seseorang bahwa ia telah memenangkan pemilihan wali kota.

“Kami sedang berjuang untuk jiwa kota kami, kami akan membangun Los Angeles baru,” ujar Karen, dilansir New York Post.

Baca juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Bicara Jakarta Tanpa Embel-embel ‘Ibu Kota’

Diketahui, jumlah suara yang dimiliki Karen berjumlah 47.000 suara dengan 53,1 persen, sementara pesaingnya Rick hanya memperoleh suara 46,9 persen.

Rick merupakan mantan anggota Partai Republik yang kini berlabuh di Partai Demokrat, tak lama sebelum pemilihan telah mewakili peralihan ke politik kanan. Ia juga berargumen bahwa Karen dan politisi lainnya merupakan bagian dari masalah yang membawa Los Angeles ke dalam banyak krisis.

Sementara Karen mantan pemimpin majelis negara bagian memiliki keuntungan, menjadi seorang Demokrat seumur hidup di sebuah kota di mana Partai Republik hampir tidak terlihat.

Baca juga: Poisi Gerebek Narkoba di Kampung Boncos Palmerah, Dua Terduga Pengguna Diamankan

Selain itu, Karen juga mendapatkan dukungan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris, dan anggota Demokrat lainnya.

Pemilihan ini akan menjadi salah satu yang masukcatatan sejarah, karena Karen akan menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi Wali Kota di Los Angeles, AS.

Karen sendiri adalah orang kulit hitam kedua yang memiliki jabatan sebagai Wali Kota di AS, pertama merupakan Tom Bradley yang menjabat pada tahun 1973 sampai 1993. [Laporan Kaorie Zeto Hapki]

Tim Pantau
Penulis
Khalied Malvino