Kawal Jokowi di Ukraina, Paspampres RI Dibekali Amunisi Tak Terbatas

Headline
Presiden Joko Widodo menaiki kendaraaan taktis (rantis) P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk menjajal Jembatan Sei Alalak di BanjarmasinPresiden Joko Widodo menaiki kendaraaan taktis (rantis) P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk menjajal Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin

Pantau – Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dilengkapi amunisi tak terbatas ketika mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv akhir Juni mendatang.

Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo menyatakan Ukraina memberi sejumlah izin khusus mengenai persenjataan. Di samping soal amunisi, ada pula keistimewaan soal jenis senjata yang digunakan.

“Dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas,” ujar Tri kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Tri menyampaikan Paspampres akan menerjunkan 39 orang personel dalam lawatan Jokowi ke Kyiv. Pasukan yang diterjunkan pernah ditempa di sejumlah pasukan elite TNI antara lain Kopassus, Denjaka hingga Paskhas.

Dia berkata pasukan akan dibagi ke dalam tiga tim, yaitu tim utama yang melekat ke Jokowi, tim penyelamatan, dan tim pendahulu. Tim pendahulu akan berangkat hari ini ke Kyiv untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.

“Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas (Kopasgat) ada. Alhamdulillah kita percaya diri,” ujarnya.

Paspampres juga menyiapkan rompi dan helm antipeluru untuk Jokowi dan para delegasi Indonesia. Perlengkapan itu bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jokowi akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia dalam misi perdamaian. Dia akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Kunjungan akan dilakukan akhir bulan ini.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni