Pantau Flash
Robert Minta Pemain Persib Hindari Kerumunan Saat Jalani Latihan Mandiri
Wow, Ternyata Ada Tiga Juta Warga Luar DKI yang Terima Vaksin Covid-19 di Jakarta
Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan pada Malam Nanti
Keren! Greysia/Apriyani Tembus ke Final Olimpiade Tokyo

Kelas, 100 Panda China Jadi Duta Negara Dunia! Ada Indonesia Juga Lho

Kelas, 100 Panda China Jadi Duta Negara Dunia! Ada Indonesia Juga Lho Ilustrasi panda. (Foto: ABC News)

Pantau.com - Sebanyak 100 panda yang merupakan satwa endemik Provinsi Chengdu, China, kini menjadi duta di sejumlah negara, termasuk sepasang di Indonesia untuk aktivitas konservasi maupun penelitian.

"Panda-panda itu kini ada di Indonesia, Spanyol, Jerman, Denmark, Jepang dan negara lainnya," kata petugas pemandu di lembaga konservasi panda di Chengdu, Charlotte kepada para wartawan di Chengdu.

Ia menjelaskan, jumlah panda keseluruhan di lembaga konservasi seluas sekitar 100 hektare yang didirikan tahun 1987 itu sebanyak 198 ekor, termasuk tiga anak yang baru lahir.

Baca juga: Viral Pasca Disuguhi Film Porno, 2 Panda Ini Kini Terlibat Politik

Charlotte menerangkan bahwa pengiriman panda ke luar negeri umumnya untuk kepentingan konservasi sehingga setiap pengiriman selalu berupa sepasang jantan dan perempuan.

"Kalau yang ke Jepang kami memang ada kerja sama penelitian. Untuk memudahkan pengawasan, setiap panda diberi nama dan nomer," katanya.

Panda yang memiliki masa hidup hingga 30 tahun itu tergolong tidak mudah berkembang biak. Karena itu, langkah konservasi dan penelitian terus diupayakan.

Charlotte juga menjelaskan bahwa taman konservasi itu menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Chengdu. Setiap hari rata-rata ada 20.000 pengunjung, baik dari China maupun turis asing.

Baca juga: Pertama di Dunia! Seekor Panda Albino Terekam di Cagar Alam China

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: