Pantau Flash
Rupiah Diprediksi Positif Terbawa Kenaikan Mata Uang Kuat Asia
TNI AU Siapkan Tiga Pesawat untuk Evakuasi WNI dari Wuhan
Gagal Beli MU, Putra Mahkota Arab Saudi Akan Akuisisi Newcastle United
BNPB Kirim Ribuan Masker N65 untuk WNI di China
Draf RUU Cipta Lapangan Kerja Akan Dipublikasikan Pekan Ini

Kota Guerneville di California Utara 'Tenggelam' Akibat Banjir Besar

Kota Guerneville di California Utara 'Tenggelam' Akibat Banjir Besar Banjir yang melanda Kota Guerneville di California Utara. (Foto: Twitter/SonomaSheriff)

Pantau.com - Ribuan orang di California utara harus dievakuasi di tengah hujan lebat dan salju pada Selasa (26 Februari 2019). Otoritas setempat telah memerintahkan evakuasi di Kota Guerneville, sekitar 60 mil utara San Fransisco, karena risiko banjir dari Sungai Rusia, yang mengalir ke selatan sungai melalui wilayah Greater San Fransisco Bay Area.

"Badai yang bergerak ke West Coast dari Pasifik, telah menyebabkan curah hujan tinggi di California utara dan tengah," kata AccuWeather Senior Meteorologist Frank Strait.

Melansir Sputnik, Kamis (28/2/2019), Sonoma County Sheriff dalam akun Facebooknya secara resmi mengatakan Kota Guenville menjadi sebuah 'pulau', karena air telah merendam kota itu.

"Karena banjir, semua jalan di kota itu tidak bisa dilalui. Anda tidak akan bisa masuk ataupun keluar dari kota itu tanpa perahu," tambahnya.

Baca juga: 18 Orang Tewas Akibat Banjir Bandang di Yordania

Sungai Rusia memiliki tinggi 32 kaki, diperkirakan akan meningkat menjadi 46 kaki jika air terus bertambah. Puncak rekor untuk Sungai Rusia mencapai 49,50 kaki di tahun 1986, menurut National Weather Service.

"Jika mencapai 46 kaki, tak ada cara untuk mempersiapkan itu," kata Ande Vazquez, manajer Hotel Grill Inn di dekat sungai tersebut, dan mengatakan bahwa tempat itu benar-benar bisa tenggelam.

Selain banjir, tanah longsor juga terjadi di Bohemian Highway dekat dengan Monte Rio di Sonoma County. Tanah longsor dilaporkan telah memblokir sejumlah jalan di wilayah itu.

Akibat banjir besar yang terjadi, beberapa sekolah diumumkan ditutup untuk sementara. Selain itu ratusan penerbangan ke San Fransisco dan Kota Santa Rosa juga telah dibatalkan.

Baca juga: Hujan Deras Mengguyur Arab Saudi, Gurun Pasir Diterjang Banjir 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: