Pantau Flash
2 Korban Hanyut SMPN 1 Turi Ditemukan, 1 Masih Dalam Pencarian
2.345 Orang di China Meninggal Akibat Virus Korona
Jubir Presiden Jokowi: Evakuasi WNI dari Yokohama Segera Dilakukan
PGRI Ungkap Pentingnya Pendidikan Moral Pancasila Dihidupkan Kembali
Kemenkes Khawatir WNI di Diamond Princess Terjangkit Korona Tanpa Gejala

Malaysia Akan Pulangkan Warganya dari China Antisipasi Virus Korona

Malaysia Akan Pulangkan Warganya dari China Antisipasi Virus Korona Perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad. (Foto: Reuters/Issei Kato)

Pantau.com - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad mengatakan, pemerintah Malaysia akan membawa pulang warganya dari Wuhan, China dalam waktu dekat.

Mahathir Mohamad mengatakan, pemerintah akan menginstruksikan Kementerian Luar Negeri untuk mengadakan perbincangan dengan pemerintah China agar mendapatkan izin.

Baca juga: 6 Warga China dan 2 WNI Ditahan di Tengah Teror Virus Korona

Namun demikian, ujar Mahathir, saat ini pihaknya mendapatkan masalah warga Malaysia yang berada di Wuhan sekarang ini tidak boleh keluar dari wilayah tersebut.

"Kita ingin berbicara dengan pemerintah China supaya warga Malaysia yang tidak terjangkit corona bisa kembali ke Malaysia dan mereka akan diperiksa apabila sampai ke Malaysia," katanya kepada media dalam jumpa pers di Putrajaya, Rabu (29/1/2020).

Ia mengatakan, kalau mereka terjangkit virus corona atau mereka berada di sana lama pemerintah akan mengkarantina mereka sebelum mereka diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing. Saat ini sekurang-kurangnya terdapat 78 orang warga Malaysia yang berada di Wuhan dan semua dalam keadaan sehat.

Baca juga: Virus Korona Sudah Menyebar ke 14 Negara

Mahathir mengatakan, pemerintah ingin menyampaikan bantuan kepada China sehubungan masalah kekurangan bahan makanan di Wuhan.

"Jadi kalau kita terpaksa mengantar kapal terbang mengambil balik rakyat kita, kalau diperbolehkan oleh pemerintah China, kita akan bawa makanan, sarung tangan dan masker,” tandasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: