Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

Negara Terluas di Asia Tenggara, Dipuncaki Indonesia Ditutup Singapura

Negara Terluas di Asia Tenggara, Dipuncaki Indonesia Ditutup Singapura Indonesia. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Asia Tenggara adalah sebuah kawasan Benua Asia yang berada di bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya.

Asia Tenggara berbatasan dengan RRC di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat. Asia Tenggara biasa dipisah dalam 2 kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).

Daftar Negara Terluas di Asia Tenggara

Lantas negara manakah yang terbesar di Asia Tenggara?

1. Indonesia

indonesia

Indonesia. (Foto: Pixabay)

Indonesia memiliki luas daratan 1.922.570 km². Sedangkan luas perairan mencapai 3.257.483 km². Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu sebagai berikut.

Baca juga: Negara Terkecil di Dunia

Jawa dengan luas 132.107 km². Sumatera dengan luas 473.606 km² Kalimantan dengan luas 539.460 km². Sulawesi dengan luas 189.216 km². Papua dengan luas 421.981 km².

2. Myanmar

myanmar

Myanmar. (Foto: Pixabay)

Myanmar memiliki luas daratan 676.578 km² dengan diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988.

Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat, Thailand dan Laos di sebelah timur dan China di sebelah utara dan timur laut. 

3. Thailand

thailand

Thailand. (Foto: Pixabay)

Negara ini adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949.

Baca juga: Negara Terkaya di Dunia

4. Vietnam

vietnam

Vietnam. (Foto: Pixabay)

Vietnam adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Laos di sebelah barat laut, Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan. Luas daratan: 332,698 km²

5. Malaysia

malaysia

Malaysia. (Foto: Pixabay)

Malaysia memiliki luas daratan 329.847 km². Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal.

Malaysia membagi wilayahnya menjadi 2 bagian yang dipisahkan oleh Kepulauan Natuna, Indonesia di Laut Cina Selatan. Malaysia Barat: berbatasan dengan Selat Malaka di selatan dan berbatasan langsung dengan Thailand di utara. Semua negara bagian Malaysia, kecuali Sabah dan Sarawak berada di wilayah ini. Malaysia Timur: terletak di sebelah timur Semenanjung Malaysia di seberang Laut Cina Selatan.

6. Filipina

filipina

Filipina. (Foto: Pixabay)

Filipina atau Republik Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Negara pimpinan Rodrigo Duterte itu memiliki luas 300.000 km²

7. Laos

laos

Laos (Foto: Pixabay)

Laos adalah sebuah Negara Republik yang dikelilingi oleh daratan dan terletak di bagian utara Semenanjung Indochina. Laos berasal dari kata Lan Xang yang artinya kerajaan gajah. Negara ini adalah satu-satunya Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai. Luasnya mencapai 236.800 km²

Baca juga: Negara Terkecil di Asia Tenggara

8. Kamboja

kamboja

Kamboja. (Foto: Pixabay)

Luas daratan: 181.035 km². Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14.

9. Timor Leste

timor leste

Timor Leste. (Foto: Pixabay)

Luas daratan: 15.410 km² Batas Wilayah Timor Leste, Utara: Australia. Timur: Pulau Timor. Pada tanggal 30 Agustus 1999, dalam sebuah referendum yang disponsori PBB, mayoritas rakyat Timor Timur memilih untuk lepas merdeka dari Indonesia.

10. Brunei Darussalam

brunei darussalam

Brunei Darussalam. (Foto: Pixabay)

Adalah negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km² yang menempati pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua negara bagian di Malaysia yaitu Sarawak dan Sabah. Luas daratan 5.765 km².

Baca juga: Negara Tertua di Dunia

11. Singapura

singapura

Singapura. (Foto: Pixabay)

Luas daratan: 716 km² Singapura terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta