Pantau Flash
Ada 415 Kasus Baru, Total 23.165 Positif COVID-19 di Indonesia
Sang Adik Positif Korona, Via Vallen: Jangan Kucilkan Mereka
Protokol New Normal di Tempat Kerja: Pekerja Tidak Boleh Terlalu Lelah
Puluhan Tahanan di Meksiko Terinfeksi Virus Korona
Analis: COVID-19 Miliki Dampak Luar Biasa pada Keuangan Rumah Tangga

Pekerja Ternak di Belanda Terinfeksi COVID-19 dari Cerpelai

Pekerja Ternak di Belanda Terinfeksi COVID-19 dari Cerpelai Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Seorang pekerja di peternakan tempat cerpelai atau musang Eropa dibudidayakan untuk diekspor bulunya, positif tertular COVID-19.

Ia terinfeksi virus korona jenis baru dari hewan tersebut, seperti tertulis dalam surat Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten kepada parlemen, demikian dikutip Reuters, Rabu (20/5/2020).

Wabah di peternakan cerpelai di Belanda pertama kali dilaporkan pada April, saat penjaga memberi tahu bahwa sejumlah hewan mengalami kesulitan bernapas sehingga memicu penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Vaksin Paling Potensial COVID-19 Akan Jangkau Seluruh Dunia Secara Serentak

Dalam suratnya, Schouten mengaku laporan awal dari kantornya menyebutkan manusia dapat menginfeksi hewan tetapi tidak sebaliknya, salah. Namun, ia mengatakan Institut Kesehatan Masyarakat Belanda masih menaksir adanya peluang kecil penularan di luar kandang hewan.

Schouten tidak menjelaskan dalam suratnya bagaimana kondisi pekerja tersebut. Ia mengatakan peternakan yang sudah ada harus ditutup pada 2024.

Bulu cerpelai dipasarkan di China, Korea, Yunani dan Turki. Setelah mendapat tekanan dari para pembela hak asasi hewan, pemerintah Belanda pada 2013 melarang peternakan cerpelai. 

Baca juga: Peneliti Inggris Uji Daya Endus Anjing untuk Deteksi COVID-19

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: