Pantau Flash
Pengelupasan Uji Coba Aspal Formula E di Monas Diklaim Berhasil
Menko Luhut: Sudah Ada 30 Investor yang Berminat Garap Proyek Ibu Kota Baru
Kerusuhan Agama di India: 20 Orang Tewas hingga Masjid Dibakar Massa
Polisi Nyatakan Sertifikat Deposito Sunda Empire di Bank Swiss Palsu
OJK Kaji Ulang Produk Investasi di Bank Antisipasi Kasus Semacam Jiwasraya

Penampakan 5 Landmark Terkenal di Inggris Dulu dan Kini, Selalu Tetap Indah

Penampakan 5 Landmark Terkenal di Inggris Dulu dan Kini, Selalu Tetap Indah Scarborough Spa di Inggris merupakan resot tepi pantai pertama. (Foto: Library of Congress/ Wikimedia Commons)

Pantau.com - Selama pemerintahan Ratu Victoria di Inggris sejak 1837 hingga 1907, gagasan untuk desain arsitektur dituntut harus menarik secara visual.

Banyak bangunan, patung, dan katedral dibangun dengan gaya arsitektur yang menakjubkan.

Dari London sampai Newcastle, terdapat banyak landmark yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Berikut 5 landmark yang terkenal dan tetap terjaga keindahan arsitekturnya.

1. St. George Hall, Liverpool

St. George's Hall berdiri di sebelah kiri. (Foto: On Stride Financial)

Pada abad ke 19, rakyat Liverpool membangun ruang publik untuk festival musik, sehingga mereka memutuskan membangun St. George Hall. Namun, kota ini juga membutuhkan tempat untuk pengadilan, sehingga menempatkan pengadilan dalam aula tersebut.

St. George Hall terkenal karena arsitekturnya dengan gaya neoklasik yang mencolok. Hingga saat ini, tak banyak perubahan dalam bangunan tersebut. Di seberang St. George Hall sendiri berdiri stasiun ketera api Lime Street.

Baca juga: Bukan Hanya Tentang Es, Ini 6 Fakta Mengejutkan Benua Antartika

St. George's Hall saat ini. (Foto: On Stride Financial)

2. The Victoria Embankment, London

Cleopatra's Needle berdiri di tengah-tengah Waterloo Bridge.  (Foto: On Stride Financial)

Waterloo Bridge, yang membentang di Sungai Thames di London, dibuka pada 1817. Pemahat terkenal, Antonio Canova menyebutnya sebagai jembatan paling mulai di dunia. Ia merekomendasikan wisatawan yang mengunjungi London untuk melihat jembatan dengan lengkungan semi lingkaran hingga 120 derajat.

Jika Anda melihat dari dekat jembatan itu, akan nampak gambar Cleopatra Needle di tengah-tengah Waterloo Bridge, yang merupakan obelisk Mesir yang diberikan kepada Inggris sebagai hadiah pada 1878.

Selama Perang Dunia II, satu-satunya jembatan di Sungai Thames ini rusak akibat bom Jerman. Meski rusak akibat hantaman bom, Cleoparta Needle masih berdiri hingga kini. Saat pria kembali ke medan perang, para wanita harus bekerja memperbaiki jembatan ini pada 1938, dan mendapat julukan The Ladies Bridge. 

Vitoria Embankment saat ini. (Foto: On Stride Financial)

3. Patung Oliver Cromwell, Manchester

Patung Oliver Cromwell berdiri di sebelah kiri dan Manchester Cathedral di Victoria Street. (Foto: On Stride Financial)

Selama era Victoria, persimpangan di Manchester ini terkenal dengan patung kontroversial yang berdiri di sebalah kiri dan Katedral di sebelah kanan jalan. Pada 1875, Mrs. Abel Heywood menghadiahkan Kota Manchester sebuah patung suami pertamanya, Oliver Cromwell, yang mengenakan baju zirah dan pedang. 

Patung itu berdiri yang kemudian dikenal sebagai Victoria Street dan menuai banyak kontroversi. Penduduk Irlandia lokal serta keturunan British Irlandia menentangnya sebagai pasukan Cromwell, yang menjabat sebagai Lord Protector Persemakmuran Inggris, Skotlandia, dan Irlandia --yang dikatakan telah membunuh banyak orang Irlandia yang tak bersalah selama invasi Irlandia pada 1649. Ratu Victoria diduga menolak untuk membuka balai Kota Manchester sampai patung itu diturunkan.

Selain itu, di sebalah kanan jalan juga berdiri Manchester Cathedral, yang memiliki sejarah dari abad ke-7. Patung Cromwell yang kontroversial dipindahkan ke Wythenshawe Hall pada 1980-an, namun ada rencana untuk mengembalikan patung tersebut ke lokasi aslinya sebagai bagian dari rencana kota untuk merayakan sejarah abad pertengahannya, menurut Manchester Evening News. Katedral Manchester masih berdiri sekarang, dan Anda dapat mengunjungi situs bersejarah.

Hanya Manchester Cathedral yang masih berdiri saat ini di Victoria Street. (Foto: On Stride Financial)

Baca juga: 5 Fakta Mengejutkan di Balik Misi Apollo 11 yang Berhasil Mendarat di Bulan

4. Black Gate, Newcastles

Black Gate. (Foto: On Stride Financial)

Black Gate dibangun antara 1247 dan 1250 sebagai gerbang untuk melindungi istana yang memberikan nama Kota Newcastle. Jika Anda melihat di sebelah kiri Black Gate, Anda dapat melihat lubang kecil di mana prajurit akan menembak panah untuk para penyusup.

Pada 1619, Alexander Stephenson menyewa Black Gate dan mengubahnya menjadi sebuah rumah, dengan merenovasi bangunan hingga tiga lantai. Saat ini, banyak bangunan baru berdiri di dekat Black Gate dan Kastil. Kastil Newcastel saat ini menjadi sebuah museum.

Black Gate saat ini. (Foto: On Stride Financial)

5. Scarborough Spa

Scarborough Spa. (Foto: On Stride Financial)

Pada abad ke 17, di Kota Scarborough ditemukan memiliki mineral alami yang diduga sebagai obat pada penduduk zaman itu. Orang berbondong-bondong ke tepi laut kota itu, yang dikenal sebagai resor tepi laut pertama di Inggris.

Pada 1839, bangunan Spa Scarborough dibuka di tepi pantai kota tersebut, dengan fasilitas aula konser 500 orang dan taman yang luas. Saat ini, Scarborough Spa adalah ruang konferensi, pameran, hiburan, dan Perjamuan. Ini juga rumah bagi Scarborough Spa Orchestra.

Scarborough Spa saat ini. (Foto: On Stride Financial)

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Internasional

Berita Terkait: