Pantau Flash
Pelanggan Netflix dan Spotify Akan Dipungut Pajak 10 Persen
Gugus Tugas: Vaksin COVID-19 Buatan RI Diproduksi Pertengahan 2021
COVID-19 per 7 Juli: Ada 1.268 Kasus Baru, Total Positif di RI 66.226
Juni 2020, BI: Cadangan Devisa RI Naik Jadi 131,7 Miliar Dolar
Mentan: Realisasi Anggaran hingga Juli 2020 Capai 44,03 Persen

Penampakan Paus Biru 100 Kaki yang Muncul di Perairan Hangat Sri Lanka

Penampakan Paus Biru 100 Kaki yang Muncul di Perairan Hangat Sri Lanka Ilustrasi paus biru. (Foto: Whales-Dolphin)

Pantau.com - Gambar-gambar dramatis yang beredar di media sosial mendadak viral, di mana menunjukkan seorang penyelam berada didekat paus bungkuk biru besar.

Paus biru besar, diperkirakan memiliki panjang sekitar 100 kaki, muncul untuk memakan krill di perairan hangat Sri Lanka.

Baca juga: Puluhan Paus Mati Terdampar, Ilmuan: Perairan Kutub Utara Menghangat

Paus biru besar yang muncul dari dasar laut. (Foto: Tanakit YamMo Suwanyangyaun)

Fotografer Thailand Tanakit YamMo Suwanyangyaun (37) berhasil mengambil foto-foto menakjubkan ini saat mamalia besar muncul dari dalam.

“Itu terlihat seperti kapal selam. Setiap paus yang kami lihat berukuran sangat besar, tapi yang ini panjangnya 100 kaki. Itu membuat saya sadar betapa kecilnya saya di dunia ini," katanya, dikutip dari The Sun, Selasa (21/5/2019).


Tanakit tengah berada di atas paus biru raksasa. (Foto: Tanakit YamMo Suwanyangyaun)

Tanakit berhasil menangkap foto-foto yang menakjubkan berkat bantuan seorang penyelam untuk menunjukkan betapa kecilnya manusia dibandingkan dengan makhluk laut yang indah.

“Anda harus cepat masuk ke air tetapi tanpa menakut-nakuti mereka, kalau tidak mereka akan tenggelam dengan sangat cepat.

“Kamu hanya punya sepuluh detik sebelum berenang melewatimu, jadi kamu perlu menahan nafasmu saat menyelam bersama mereka. Butuh banyak upaya fisik."

Baca juga: Paus Beluga Dicap Mata-mata Rusia Terlihat di Norwegia


Puas biru yang sangat besar tampak dari atas. (Foto: Tanakit YamMo Suwanyangyaun)

Paus biru adalah hewan terbesar yang pernah ada di Bumi. Yang terberat yang pernah tercatat memiliki berat 173 ton. Mamalia laut hampir diburu hingga punah pada awal abad ke-20 sampai mereka dilindungi pada tahun 1966.

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam sekarang memperkirakan ada antara 10.000 dan 25.000 di seluruh dunia. Meskipun paus biru ukuran besar mereka memberi makan hampir secara eksklusif pada krill dan seorang dewasa dikatakan mampu makan hingga 40 juta dari mereka sehari.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: