Perbatasan China-Taiwan Dibuka setelah Tiga tahun Dikunci Covid-19

Headline
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)Ilustrasi Bendera. (Foto: Pixabay)

Pantau – Jalur perairan laut yang menghubungkan China daratan dan Pulau Taiwan resmi dibuka setelah hampir tiga tahun tutup.

Kapal penumpang rute beberapa wilayah di Provinsi Fujian, China, menuju Kepulauan Kinmen dan Matsu di Taiwan mulai beroperasi kembali pada Sabtu (7/1/2023).

Pengoperasian kapal feri tersebut untuk memenuhi warga kepulauan itu bertemu sanak saudaranya pada musim liburan Tahun Baru Imlek sebagaimana laporan CCTV, media penyiaran resmi pemerintah China.

Feri Xiamen-Kinmen memulai operasi pertamanya pada Sabtu. Selanjutnya kapal tersebut akan melalukan perjalanan satu kali pergi dan pulang setiap hari.

Selain dari Xiamen, kapal penumpang dari Fuzhou, Provinsi Fujian, juga akan kembali berlayar ke Pulau Matsu pada Minggu (8/1/2023).

Sebelumnya juru bicara Kantor Urusan Taiwan Dewan Pemerintah China Zhu Fenglian memastikan tidak adanya hambatan dari pihak Daratan dalam memulihkan perjalanan langsung antara Provinsi Fujian dan beberapa daerah di Kinmen dan Matsu.

Jalur tersebut ditutup sejak Februari 2020 saat pandemi COVID-19 mulai mewabah.

Rute tersebut bagian dari kebijakan “mini three link” sejak 2001 yang menghubungkan jalur perdagangan langsung, layanan pos, dan transportasi antara Kepulauan Kinmen dan Matsu dengan beberapa kota di Provinsi Fujian.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Muhammad Rodhi