Pantau Flash
Percepat Ekspor-Impor, Mendag Dorong Ekosistem Logistik Nasional
Mabes Polri Larang Seluruh Kegiatan Keramaian di Tingkat Wilayah
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra
PSBB Ketat Jakarta Kembali Diperpanjang 14 Hari
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105

PM Irak Terima Pesan dari Iran Sebelum Rudal Ditembakkan ke AS

PM Irak Terima Pesan dari Iran Sebelum Rudal Ditembakkan ke AS 22 rudal balistik Iran serang pangkalan pasukan koalisi di Irak (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi mengaku pihaknya mendapat pesan lebih dulu dari Iran sebelum tembakan 'balas dendam' dilayangkan ke pangkalan militer Amerika Serikat di Irak.

Pasukan Iran menembakkan peluru kendali ke pangkalan-pangkalan militer yang ditempati oleh pasukan AS di Irak sebagai pembalasan atas kematian jenderalnya, Qassem Soleimani.

Baca juga: Airlangga Sebut Konflik AS-Iran Berpotensi Tingkatkan Harga Minyak Dunia

Serangan Iran itu meningkatkan risiko pada konflik yang dihadapinya dengan Washington di tengah kekhawatiran bahwa perang akan meluas di Timur Tengah.

"Tak lama setelah tengah malam pada Rabu, kami menerima pesan lisan dari Republik Islam Iran bahwa tanggapan Iran terhadap pembunuhan syuhada Qassem Soleimani sudah dimulai atau akan dimulai," kata juru bicara PM Mahdi.

Baca juga: Timur Tengah Memanas, WNI di Iran-Irak Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Iran mengatakan kepada Abdul Mahdi bahwa pihaknya hanya akan menyerang lokasi-lokasi keberadaan pasukan AS namun tidak menyebutkan secara rinci lokasi yang dimaksud, kata sang juru bicara dalam pernyataan.

Abdul Mahdi sedang menerima telepon dari Amerika Serikat ketika rudal-rudal berjatuhan di sayap Amerika di pangkalan udara tersebut, yang berada di Provinsi Anbar, serta di sebuah pangkalan udara di Erbil.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: