Putin ke Jokowi: Saya Senang Melihat Anda di Rusia

Headline
Foto tangkapan layar IG Presiden Rusia Vladimir Putin

Pantau – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia. Putin merasa senang dengan kehadiran Jokowi.

“Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu bahwa ini adalah kunjungan pertama anda ke negara kami,” kata Putin seperti dalam keterangannya di akun instagram, Kamis (30/6/2022).

Putin menjelaskan Indonesia menjadi salah satu negara sahabat Rusia selama beberapa dekade. Hubungan kedua negara ini diakui Putin berkembang di semua bidang.

“Pada saat yang sama, hubungan kita berkembang di semua bidang, maksud saya masalah ekonomi, politik, dan keamanan, terutama, tentu saja, perang melawan ancaman teroris,” terang Putin.

“Tahun lalu, omset perdagangan kami tumbuh sebesar 42 persen, dan tahun ini tumbuh lebih cepat,” lanjut Putin.

Jokowi bertemu dengan Putin sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Satu hari sebelumnya, sekitar pukul 15.00 waktu setempat, Jokowi bertemu dengan Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv.

Jokowi menegaskan maksud dirinya jauh-jauh dan secara maraton menginjakkan kaki di Ukraina dan Rusia. Jokowi ingin merealisasikan prioritas politik luar negeri Indonesia, yakni isu perdamaian dan kemanusiaan.

“Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” tegas Jokowi berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Tim Pantau
Reporter
Tim Redaksi
Editor
Muhammad Rodhi