Pantau Flash
Kejuaraan Dunia IWAS Diundur Akibat Virus Korona
Ditresnarkoba: China Pemasok Terbesar Narkoba ke Indonesia
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo Jadi Komut BRI
Presiden Jokowi Minta Segera Disiapkan Timnas Basket yang Tangguh
Persebaya Lolos ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 Usai Bungkam Arema 4-2

Robert Mugabe Dikebumikan Akhir Pekan Ini, Lokasi Makam Masih Perdebatan

Robert Mugabe Dikebumikan Akhir Pekan Ini, Lokasi Makam Masih Perdebatan Robert Mugabe. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden pertama Zimbabwe Robert Mugabe akan dimakamkan secara kenegaraan pada akhir pekan ini. Namun, hingga saat ini masih ada perdebatan antara pihak keluarga Mugabe dengan Pemerintah Zimbabwe tentang proses dan lokasi pemakaman.

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, berdasarkan nota pemberitahuan terhadap sejumlah perwakilan negara asing dari Kementerian Luar Negeri Zimbabwe, proses persemayaman terhadap Mugabe akan dilakukan di Stadion Nasional di Ibu Kota Harare.

Sementara pemakaman akan dilakukan sehari setelahnya, tetapi lokasinya belum diberitahukan. Namun, salah satu kerabat Mugabe, Leo Mugabe, menyatakan keluarga sudah membuat proses pemakaman versi mereka yang sudah diajukan kepada pemerintah. Tetapi sampai saat ini belum disetujui.

Baca juga: Presiden Pertama Zimbabwe Robert Mugabe Tutup Usia

Pemerintah dan keluarga Mugabe juga dilaporkan berdebat soal lokasi pemakaman.  Namun, juru bicara Mnangagwa, George Charamba, membantah hal itu dan menyatakan pemerintah akan memakamkan jasad Mugabe di taman makam pahlawan.

Sebelumnya, mantan wakil presiden yang kini menggantikan posisi Mugabe, Emerson Mnangagwa, memberikan status pahlawan nasional beberapa jam sebelum Mugabe tutup usia.

Sesaat sebelum meninggal, Mugabe sempat meladeni wawancara dengan surat kabar Zimbabwe Independent. Dalam wawancara itu, dia mengatakan enggan dimakamkan di taman makam pahlawan setempat karena kecewa dilengserkan dari kekuasaan dengan kudeta.

Baca juga: Deretan Pemimpin Paling Diktator dan Terkejam Dunia, Adakah dari Indonesia?

Mugabe meninggal saat dalam perawatan di Singapura pada Jumat 6 September 2019 pekan lalu pada usia 95 tahun. 

Mugabe merupakan presiden pertama Zimbabwe pasca negara tersebut merdeka pada  18 April 1980. Mugabe digulingkan dari kekuasaan dalam kudeta militer pada November 2017 dan yang mengakhiri pemerintahannya selama tiga dekade.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Internasional