Pantau Flash
Rupiah Nongkrong di Level Rp13.667 per Dolar AS
Hari Ini Rekayasa Perjalanan KRL Jakarta Kota Masih Diberlakukan
Williams Racing Bertekad Bangkit di Musim 2020
Ashraf Sinclair, Suami BCL Meninggal Dunia
Arcandra: Mobil Listrik Dapat Tekan Impor Minyak Mentah

Rusia vs Amerika Serikat, Ini Dia 10 Negara Terkuat di Dunia

Rusia vs Amerika Serikat, Ini Dia 10 Negara Terkuat di Dunia Manhattan Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berdasarkan peringkat negara terkuat di dunia tahun 2019, Amerika Serikat masih menjadi jawaranya. Dialah US News and World Report yang memberikan analisa mengenai peringkat tersebut.

Hal ini juga merupakan kerja sama dengan University of Pennsylvania, dengan responden lebih dari 20 ribu ketika ditanyuai pendapat tentang 80 negara dengan ciri khas spesifik, hingga memiliki kekuatan megerikan di dunia.

Berikut Pantau.com rangkum untuk kamu, 10 negara terkuat di dunia. 

10. Uni Emirat Arab (UEA)


UEA. (Foto: Reuters)

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara liberal di tanah Arab. Tak ayal, hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Salah satunya Abu Dhabi.

UEA juga merupakan negara terkaya di dunia dengan sumber minyak dan gas yang tersedia. Sedangkan di bidang militer UEA sendiri bukanlah yang terkuat.

Namun perlu dicatat, militer UEA telah mengalami peningkatan yang signifikan. Alat-alat moderen pun kini telah diperlihatkan. 

9. Arab Saudi


Arab Sadui. (Foto: Pixabay)

Selanjutnya, ada Arab Saudi yang merupakan negara kuat dengan sumber daya yang melimpah. Minyak dan gas juga merupakan hasil kekayaan alam yang tak terbantahkan.

Politik dan militer Arab Saudi juga merupakan suatu yang tak bisa dianggap sebelah mata. Dari segi politik, negara bin Salman itu merupakan koalisi negara Barat yang mumpuni. Sedangkan sisi militernya, Arab Saudi juga memiliki pabrik senjata yang diekspor ke negara-negara Arab lainnya, serta Kanada dan lain-lain.

8. Israel


Israel. (Foto: Pixabay)

Di Timur Tengah, Israel juga merupakan salah satu negara kuat. Dengan bantuan Amerika Serikat, Israel semakin terlihat meninjol, terlebih soal perang berdarah yang tak kunjung usai dengan Palestina.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga dianggap sebagai pertahanan yang terlatih. 

Baca juga: Dimulai dengan Iran, Ini Deretan Negara Paling Tertutup di Dunia

7. Jepang


Jepang. (Foto: Pixabay)

Jepang memiliki dua kekuatan ekonomi dan politik di dunia. Bersama Amerika Serikat, serta China, Jepang pun kini bisa disejajarkan.

Negara yang dijalankan oleh PM Jepang Shinzo Abe memiliki anggaran yang terbesar. Namun, angkatan militer negeri matahari terbit itu bukan terkuat di Asia. 

6. Perancis


Perancis. (Foto: Pixabay)

Tak bisa dipungkiri Perancis merupakan salah satu negara terkuat di dunia. Dilengkapi dengan fasilitas nuklir mumpuni serta hulu ledak agresif, Perancis bukan cuma punya sepuluh tapi mencapai 300.

5. Jerman


Jerman. (Foto: Pixabay)

Jerman telah lama menjadi salah satu negara paling kuat di dunia. Hal itu dikarenakan penduduknya yang memiliki pendidikan tinggi. 

Negara yang dipimpin Kanselir Angela Merkel merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), serta sangat terlibat dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan keamanan global.

4. Inggris


Inggris. (Foto: Pixabay)

Seperti Perancis, Inggris juga adalah negara nuklir resmi dan merupakan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Yang paling terkenal, Inggris mempunya agen intelijen yang sangat gokil (Secret Intelligence Service) yang dikenal sebagai MI6.

Baca juga: Deretan Militer Terkuat di Asia yang Tak Kalah dengan Eropa dan Amerika

3. China


China. (Foto: Pixabay)

China memiliki militer terbesar di dunia. Memiliki angkatan laut yang terdiri atas ratusan kapal dan pesawat terbang canggih.

Negara yang dipimpin oleh Zi Jinping itu juga memiliki senjata nuklir.

2. Rusia


Rusia. (Foto: Pixabay)

Tak salah jika Rusia dianggap sebagai salah satu negara dengan kekuatan penuh di setiap lini pemerintahan. Ekonomi, militer, bahkan hingga politik.

Di tangan Valdimir Putin, Rusia merupakan negara yang disegani. Angkatan militer yang tangguh dan canggih, serta prajurit perang yang sangat robotik.

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)

Amerika Serikat adalah negara paling berkuasa di dunia. Politik AS sangat spartan. Dengan inti untuk menguasai secara sepenuhnya sebuah negara yang bergejolak.

Amerika Serikat memiliki militer paling kuat di dunia. Militer milik Donald Trump itu terkenal dengan kecanggihannya dan moderenisasi yang bertahap. Nuklir serta rudal balistik adalah jagoannya. Polemik dengan Iran bisa menghadirkan perang dunia ke-III.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: