Pantau Flash
Uji Coba Pengaspalan Lintasan Formula E Monas Dilakukan
SBY Sebut Museum dan Galeri Seni di Pacitan adalah Amanah Ani Yudhoyono
Persija Siapkan Amunisi Terbaik Hadapi Geylang International
Polisi Periksa 6 Orang Terkait Tewasnya Siswa-siswi di Sungai Sempor
Korsel Konfirmasi 146 Kasus Baru Virus Korona

Saudi Longgarkan Aturan Perempuan Bepergian Tanpa Pengawalan Laki-laki

Headline
Saudi Longgarkan Aturan Perempuan Bepergian Tanpa Pengawalan Laki-laki Para perempuan Saudi berkumpul di sebuah gedung bioskop di Riyadh Park mall yang baru dibuka 30 April 2018 lalu di Riyadh (Foto: AFP)

Pantau.com - Keputusan pemerintah Arab Saudi melonggarkan peraturan perjalanan bagi perempuan tanpa harus ditemani suami atau saudara laki-lakinya, mendapat pujian, tapi juga kemarahan dari kelompok konservatif.

Pemerintah Saudi mengumumkan bahwa perempuan yang berumur di atas 21 tahun kini bisa mendapat paspor dan berkunjung ke luar negeri tanpa harus minta izin dari suami, ayah atau saudara laki-lakinya.

Baca juga: Dokter di India Cabut 526 Gigi dari Mulut Bocah Berusia 7 Tahun

Usaha reformasi ini, yang juga mencakup hak bagi perempuan untuk mendaftarkan kelahiran anak, mengurus perkawinan atau perceraian, telah mengurangi peraturan keras yang sejak lama dianggap sebagai tindakan represif terhadap perempuan.

Baca juga: Hamza bin Laden Dilaporkan Tewas, Kenapa Donald Trump Bungkam?

"Peraturan baru ini sangat bersejarah," kata Putri Reema binti Bandar, yang ditunjuk pemerintah Saudi sebagai dutabesar perempuan pertama yang akan bertugas di Washington.

Perubahan itu terjadi setelah beberapa perempuan berusaha melarikan diri karena katanya disiksa atau dilecehkan oleh walinya.

Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Internasional

Berita Terkait: