Sebanyak 1.274 Anak Terdampak Konflik Rusia-Ukraina, 437 Tewas dan 837 Terluka

Headline
Setidaknya 437 anak meninggal dunia dalam perang Ukraina (Foto: Getty Images)Setidaknya 437 anak meninggal dunia dalam perang Ukraina (Foto: Getty Images)

Pantau – Sebanyak 1.274 anak terdampak perang Rusia-Ukraina, di antaranya 437 anak Ukraina tewas dan 837 anak lainnya terluka. Jumlah ini merupakan total korban anak-anak sejak perang Rusia-Ukraina dimulai.

Laporan terbaru menyebutkan, pasukan Rusia telah menembak satu keluarga tewas, terdiri dari dua anak usia 5 dan 14 tahun, serta ayah dan ibunya. Satu keluarga ini tinggal i Desa Komysh Zorya, Zaporzhia, dilansir New York Post, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Pertempuran Rusia-Ukraina Terjadi di Pabrik Baja

Pada bulan April 2022, seorang ibu menyaksikan anak perempuannya bernama Veronika Kovalenko berusia 12 tahun meninggal dunia dalam pelukannya ketika keluarganya berusaha untuk kabur dari wilayah Chernihiv.

“Putri sulung saya Veronika mulai menangis, karena kepala saya terkena pecahan kaca yang beterbangan dan saya berdarah, tangan Veronika gemetar, jadi saya mencoba menenangkannya Veronika keluar dari mobil dan aku mengikutinya, Saat aku keluar, aku melihat Veronika jatuh. Ketika saya melihat kepalanya sudah hilang,” ujar Ibu dari Veronika.

Diberitakan, Rusia telah meledakkan 2,719 pusat edukasi untuk anak-anak, di antaranya 332 gedung hancur total. [Laporan Kaorie Zeto Hapki]

Baca juga: Dialog Damai Rusia-Ukraina Mentok, Perang Masih Berkobar

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino
Penulis
Khalied Malvino