Pantau Flash
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital
17.534 Orang di Jakarta Sudah Rapid Test, 282 Dinyatakan Positif COVID-19

Sebelum Dorian, 5 Badai Mematikan Ini Pernah Luluhlantahkan Amerika Serikat

Sebelum Dorian, 5 Badai Mematikan Ini Pernah Luluhlantahkan Amerika Serikat Badai Dorian yang dilihat dari National Oceanic and Atmospheric Administration NOAA\'s GOES-East Satellite, di atas Samudera Atlantik, 31 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Kepulauan Karibia di Bahama diterjang Badai Dorian sejak pekan lalu. Badai besar itu masuk dalam kategori 5 atau yang terparah dalam skala Saffir-Simpson yang menyebabkan banjir, kerusakan, hingga angin ribut.

Pejabat negara setempat telah menyatakan keadaan darurat dan meminta warga untuk menyiapkan persediaan setidaknya untuk tujuh hari kedepan, termasuk makanan dan air. Dorian akan bergerak lebih dekat ke pantai timur Florida pada Senin malam dan sampai Selasa malam waktu setempat.

Presiden Donald Trump sendiri telah membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Polandia dan bertemu dengan pejabat manajemen darurat. Trump juga telah mengeluarkan keadaan darurat federal untuk Florida.

Berikut 5 badai paling mematikan yang pernah menerjang Amerika Serikat:

1. Badai Andrew, 1992

Kerusakan yang diakibatkan oleh Badai Andrew. (Foto: AP Photo)

Badai yang masuk dalam kategori 5 ini menghantam selatan Miami-Dade County dengan kecepatan angin hingga 165 mil per jam, yang menyebabkan kerugian hingga USD26 miliar.

Badai Andrew merupakan badai paling mahal dalam sejarah Amerika Serikat hingga Badai Katrina menerjang New Orleans pada 2005 silam. Sekitar 44 orang tewas dilaporkan di Florida akibat Badai Andrew, dengan 15 kematian secara langsung, dan 29 pasca badai terjadi.

Baca juga: Hujan Badai Terjang Nepal: 25 Tewas dan 400 Lainnya Luka-luka

2. Badai Charley, 2004

Kerusakan yang terjadi udai Badai Charley. (Foto: Reuters)

Badai Charley merupakan badai kuat yang tak terduga, yang meningkat pesat menjadi badai kategori 4 tepat sebelum menerjang Cayo Costa.

 Menurut National Weather Association, sekitar 15 orang tewas akibat Badai Charley dan kerugian mencapai USD14 miliar.

3. Badai Wilma, 2005

Kerusakan yang terjadi udai Badai Wilma. (Foto: Reuters)

Badai Wilma memakan korban tewas hingga lima orang, dengan kategori badai level 4. Kerugian yang disebabkan akibat badai ini sangat tinggi, yakni USD20 miliar.

Badai Wilma melanda bagian selata negara Amerika Serikat, dengan kecepatan angin hingga lebih dari 100 mph.

Baca juga: Topan Erick Diprediksi Akan Hantam Hawaii Pekan Ini

4. Badai Irma, 2017

Kerusakan yang terjadi udai Badai Irma (Foto: Reuters)

Badai Irma masuk badai kategori 4 dengan kecepatan angin hingga 130 mph saat menerjang Cudjoe Key. Badai Irma kemudian melakukan pendaratan di wilayah yang berbeda, yakni Pulau Marco, dengan kecepatan angin 115 mph.

Badai Irma sangat unik karena ukurannya yang luas dan gerakan yang terbilang lamban, namun memperburuk angin ribut hingga hujan lebat. Badai Irma menyebabkan kerugian mencapai USD50 miliar, dan menjadikannya salah satu badai paling mahal dalam sejarah Amerika Serikat.

Empat orang tewas akibat Badai Irma. 2 orang tewas di tempat, sementara 2 lainnya menghemabuskan napas terakhri setelah badai berlalu. 

5. Badai Michael, 2018

Kerusakan yang terjadi udai Badai Michael. (Foto: Reuters)

Badai Michael merupakan badai terkuat dalam catatan badai yang menerjang Florida, menurut National Weather Service. Badai ini menyebabkan kerusakan parah terutama di wilayah Panama City Beach dan Mexico Beach. 

Selain itu, Badai Michael juga memakan korban hingga delapan orang, tujuh di Florida, dan satu orang di Georgia. Pasca badai, 43 kematian dilaporkan terjadi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: