Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

Sekolah Negeri di Australia Akan Sediakan Pembalut Gratis Mulai Tahun Depan

Sekolah Negeri di Australia Akan Sediakan Pembalut Gratis Mulai Tahun Depan Pembalut wanita akan tersedia gratis di semua sekolah di negara bagian Victoria di tahun 2020. (Foto: ABC News/Stephanie Anderson)

Pantau.com - Semua sekolah negeri di negara bagian Victoria (Australia) akan menyediakan tampon dan pembalut wanita gratis mulai tahun 2020 sebagai bagian dari program pemerintah setempat.

DIkutip dari ABC News, Rabu (11/9/2019) Menteri Utama Victoria Dan Andrews meluncurkan program tersebut hari Rabu (11/9/2019) di kampus sekolah menengah University High School di pusat kota Melbourne.

Program ini memang sudah dijanjikan sebelumnya dalam kampanye pemilu tahun lalu yang dimenangkan lagi oleh Partai Buruh pimpinan Dan Andrews. Secara keseluruhan penyediaaan tampon dan pembalut wanita gratis ini akan menghabiskan biaya sekitar AUD20 juta (sekitar Rp200 miliar).

Baca juga: Sebuah Kampus Bikin Geger Usai Sebut Ada 300 Juta Muslim Radikal di Dunia

Diperkirakan di pertengahan tahun 2020, seluruh sekolah dasar, sekolah menengah, dan sekolah khusus di seluruh Victoria sudah akan menyediakan tampon dan pembalut wanita tersebut dengan cuma-cuma.

Pembalut wanita ini akan disediakan di toilet sekolah, sehingga memungkinkan murid-murid yang memerlukan untuk menggunakannya, tanpa perlu merasa malu atau meminta bantuan orang lain.

Sebenarnya di banyak sekolah di Australia, pembalut wanita ini tersedia juga secara cuma-cuma namun biasanya disimpan di ruang perawat yang ditugaskan di sekolah sehingga murid harus terlebih dahulu untuk meminta.

Seorang murid yang tidak mau disebut namanya di University High School menyambut baik program tersebut. "Bila kita tiba-tiba menstruasi, penting sekali memang tersedia pembalut di sekolah di saat yang kita perlukan, sehingga kita bisa melanjutkan kegiatan lainnya." kata murid kelas delapan tersebut.

"Kita tidak mau menstruasi ini menyebabkan kita tidak bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti kegiatan olahraga atau kegiatan sekolah lainnya."

Baca juga: Kebakaran Hebat Landa Australia, Ratusan Warga Dipaksa Mengungsi

Pendanaan ini akan dianggarkan selama empat tahun dan termasuk juga penyediaan tong sampah untuk menampung pembalut yang sudah digunakan.

"Banyak murid sekolah perempuan yang tidak bisa mendapatkan pembalut wanita dengan mudah." kata Menteri Utama Dan Andrews.

Ketersediaan pembalut wanita gratis di sekolah di Victoria ini merupakan yang pertama di Australia. Di bagian lain di dunuia baru beberapa negara saja yang sudah melakukan hal serupa yaitu di Inggris, Skotlandia, Wales, Vancouver, Toronto (Kanada), dan New Yoerk, Illinois dan California di Amerika Serikat.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: