Pantau Flash
Ronaldinho Segera Dibebaskan dari Penjara Paraguay
Update Korona di Ibu Kota: 1.443 Kasus, 141 Meninggal, dan 69 Sembuh
Bank Indonesia: Cadangan Devisa Cukup Penuhi Kebutuhan
Komisi I DPR: Pelibatan TNI dalam PSBB Diperlukan
Son Heung-min Latihan Perang Kimia

Selandia Baru Ancam Deportasi WNA yang Langgar Karantina Korona

Selandia Baru Ancam Deportasi WNA yang Langgar Karantina Korona Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. (Foto: Reuters/Feline Lim)

Pantau.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardren menerapkan aturan keras bagi warga negara asing di negaranya untuk menekan penyebaran virus korona.

Dilansir NZ Herald, Senin (16/3/2020), aturan keras tersebut termasuk karantina diri sendiri atau self isolated selama 14 hari bagi warga negara asing yang datang ke Selandia Baru. Jika tidak, kemungkinan akan dideportasi.

"Jika mereka tidak mengisolasi diri, saya akan mengarantina mereka," ujarnya. "Siapa yang tidak patuh aturan akan ditahan dan dideportasi".

Baca juga: WHO: Tangani Korona Bukan Hanya Karantina, Bukan Hanya Pengujian Saja!

Mereka yang tiba di bandara akan mengisi formulir, yang memberi informasi di mana mereka tinggal. Selanjutnya, mereka juga akan mendapat pedoman dari perawat yang memberi tahu tentang karantina tersebut.

Ardern mengatakan, lebih dari 10.000 warga Selandia Baru dengan tertib telah mengasingkan diri sejauh ini, dan pengunjung internasional harus melakukan hal yang sama.

Baca juga: China Klaim Puncak Wabah COVID-19 Telah Berlalu

Isolasi merupakan cara yang diambil Ardern untuk meredam penyebaran korona. Sebelumnya, ia juga melarang acara yang mengundang massa lebih dari 500 orang digelar di Selandia Baru. 

Menurut Ardern langkah tegas wajib diambil karena  imbas korona berpotensi lebih dari krisis finansial global. Sejauh ini, delapan orang di Selandia Baru dikonfirmasi terjangkit virus korona. Belum ada laporan meninggal akibat virus ini di Selandia Baru.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: