Pantau Flash
Ji Xinping: Perjuangan China Hadapi Korona Masih pada Tahap Genting
Apple Dikabarkan Tunda Peluncuran iPhone 9 Akibat Virus Korona
Komisioner KPAI Sitti Himawatty Minta Maaf Soal Hamil di Kolam Renang
Survei Indo Barometer: Prabowo Diunggulkan Jadi Capres 2024, Anies Kedua
Lagi, RSHS Bandung Tangani Pasien Suspect Virus Korona

Sudah Tahu, Ini Dia 5 Negara Paling Rasis di Dunia

Sudah Tahu, Ini Dia 5 Negara Paling Rasis di Dunia Ilustrasi rasis. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, rasisme atau resialisme merupakan paham yang beranggapan ras sendiri merupakan yang paling unggul dibandingkan dengan yang lain. Akibatnya, mereka kerap memandang rendah terhadap orang-orang yang berbeda. 

Rasisme sendiri sangat melekat pada diri orang-orang Eropa maupun Amerika pada zaman dahulu. Di mana ras dengan kulit putih dianggap lebih hebat dibandingkan kulit hitam. Pasalnya kebanyakan berasal dari kaum kulit hitam, sedangkan orang kulit putih merupakan bosnya.  Namun kini sejatinya masyarakat dunia sudah mulai mengurangi praktik rasisme.

Apa Saja Daftar Negara Paling Rasisi di Dunia?

Berikut Pantau.com merangkum lima di antaranya seperti dikutip dari Listotative.com.

1. Afrika Selatan

negara paling rasis di dunia afrika selatan

Afrika Selatan. (Foto: Pixabay)

Praktik rasisme pernah menjadikan Afrika Selatan sebagai salah satu negara paling menakutkan di dunia. Orang berkulit putih di Afrika kerap memandang rendah orang-orang kuit hitam.

Beruntung, sosok Nelson Mandela melalui gerakan anti-aparheid nya mampu mengubah cara pandang Pemerintah setempat. Meski beberapa kasus rasisme masih terdengar di Afrika Selatan. 

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 5 Negara Paling Santai di Dunia

2. Arab Saudi

arab saudi

Arab Saudi. (Foto: Pixabay)

Menjadi negara kaya membuat peraktik rasisme kerap terjadi di Arab Saudi. Orang-orang di Arab Saudi kerap kali memperlakukan tenaga kerja yang berasal dari negara lain dengan sangat kejam. 

3. Amerika Serikat

amerika serikat

Amerika Serikat. (Foto: Pixabay)

Di beberapa negara bagian di Amerika Serikat seperti Missouri, Missippi, serta Arizona, praktik rasisme merupakan hal yang biasa. Orang-orang yang bukan memiliki darah asli Amerika kerap kali mendapat perlakukan rasis di Negeri Paman Sam. Selain itu rasisme yang berdasarkan warna kulit juga masih kerap terjadi. 

Baca juga: Video 5 Negara Paling Dibenci di Dunia, Indonesia Termasuk Nggak Ya?

4. Inggris

inggris

Inggris. (Foto: Pixabay)

Negeri Ratu Elizabeth ini merupakan salah satu negara paling rasis di dunua. Orang-orang di Inggris kerap kali memandang remeh imigran asal India.

Selain itu, mereka juga kerap melakukan diskriminasi terhadap imigran dari daratan Eropa seperti Rumania, Bulgaria, bahkan Rusia. Tidak hanya itu, masyarakat Inggris juga kerap menunjukkan ketidaksukaan dengan orang Amerika dengan sebutan Yankees.

5. Australia

australia

Australia. (Foto: Pixabay)

Kasus rasisme pernah terjadi di Australa pada 2009 silam. Di mana imigran dari India kerap menjadi sasaran pelecehan oleh orang-orang Australia saat itu.

Meski saat ini Australia sudah memberlakukan undang-undang yang lebih ketat, tidak menutup kemungkinan masih ada kasus yang menunjukkan keegoisan dari penduduk setempat. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra
Category
Internasional

Berita Terkait: