Pantau Flash
Luis Suarez Sepakati Kontrak 2 Tahun Bersama Atletico Madrid
Pertamina EP Asset 3 Berhasil Tingkatkan Produksi Migas
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19
Kota Sukabumi Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19

3 Hasil Pemeriksaan Pasien Diduga Korona di Sumbar Dikirim ke Litbangkes

3 Hasil Pemeriksaan Pasien Diduga Korona di Sumbar Dikirim ke Litbangkes Ilustrasi petugas kesehatan memeriksa kondisi unggas sebagai antisipasi penyebaran flu burung. (Foto: Antara/Reuters)

Pantau.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat akan segera mengirimkan hasil pemeriksaan tiga orang pasien yang sebelumnya dicurigai terjangkit COVID-19 atau virus corona ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Badan (Litbangkes) di Jakarta.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap pasien. Setelah itu kita akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk mengetahui hasil pemeriksaan yang akan dikirim ke Badan Litbangkes di Jakarta," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Gustavianof, di Padang, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: IDI Minta Seluruh WNI dari Observasi Korona di Natuna Harus...

Ia menyebutkan pasien yang dicurigai terjangkit COVID-19 sampai saat ini yaitu berjumlah tiga orang merupakan warga Sumatera Barat (Sumbar) yang baru saja pulang dari Malaysia dan umroh.

"Pertama pasien perempuan pulang dari Malaysia dan dua pasien lainnya laki-laki baru pulang umroh," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium para pasien yang dicurigai terjangkit COVID-19 tersebut hanya menderita infeksi di saluran pernapasan, lebih cenderung ke arah asma dan pneumonia. "Kecil sekali kemungkinan terjangkit virus corona,"kata dia.

Baca juga: Enam Warga Tanjung Pinang Riau Negatif Virus Korona

Akan tetapi sesuai standar operasional prosedur, pelayanan tetap dilakukan sesuai rujukan yaitu pasien rujukan tetap di rawat di ruangan isolasi dan hasil pemeriksaan tetap dikirimkan ke Litbangkes, kata dia.

"Penyakit yang dikeluhkan pasien berupa sesak nafas, demam, dan batuk. Namun sampai saat ini sudah berangsur pulih," kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dengan isu Covid-19 dan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan pemeriksaan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: