Pantau Flash
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi
3 Induk Cabor Tanda Tangan MoU Dana Pelatnas 2020

5 Hal Ini Dilarang di Pesawat, Tapi Sering Dilanggar! Apa Kamu Diantaranya?

5 Hal Ini Dilarang di Pesawat, Tapi Sering Dilanggar! Apa Kamu Diantaranya? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, kini menjadi salah satu alternatif utama pilihan masyarakat karena kecepatan waktu yang dimiliki dibanding dengan transportasi lainnya.

Saat kamu memutuskan untuk menggunakan pesawat saat bepergian, Ada banyak hal tentang aturan penumpang di pesawat yang harus kamu taati dan lakukan. Karena bepergian dengan pesawat terbang memiliki beberapa aturan yang berbeda dibanding transportasi lainnya. Hal ini menyangkut keselamatan banyak orang apalagi saat terbang diatas ketinggian tertentu.

Namun meskipun aturan tersebut jelas, beberapa penumpang masih saja tidak mematuhi ketentuan dan cenderung mengabaikan aturan yang telah ditetapkan. Berikut 5 hal yang dilarang di pesawat namun masih sering dilanggar oleh para penumpang:

1. Mengaktifkan telepon seluler

(Foto: defendershield.com)

Setiap kita memasuki pesawat, kita selalu dianjurkan sudah mematikan telepon selular oleh crew kabin karena menyalakan telepon selular dapat mengganggu sistem navigasi pesawat.

Peringatan hingga teguran keras akan diberikan kepada penumpang yang melanggar aturan ini. Namun meskipun beberapa kali diingatkan, hingga saat ini masih banyak penumpang yang mencuri-curi kesempatan untuk tetap menggunakan telepon seluler saat pesawat dalam posisi akan lepas landas. Mereka cenderung mengabaikan imbauan dari crew kabin dan tetap melakukan aktivitas tersebut.

Baca juga: 5 Rahasia Dapatkan Tiket Pesawat Murah, Cara ke-3 Belum Banyak yang Tahu

2. Membawa makanan dengan bau menyengat

Ilustrasi (Foto:Gigazine.net)

Meski tidak boleh dilakukan di pesawat, masih ada beberapa penumpang yang nekat membawa makanan beraroma menyengat di dalam pesawat. Makanan dengan aroma menyengat tentu sangat menganggu kenyamanan penumpang lainnya.

3. Buru-buru mencari tempat duduk

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Beberapa penumpang yang melakukan penerbangan, terkadang terburu-buru untuk segera masuk pesawat untuk  mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Tak jarang mereka seringkali tersulut emosi karena berdesak-desakan ingin segera mencari tempat duduk. Padahal penumpang tak perlu melakukan hal tersebut karena telah memiliki jatah kursi masing-masing dan tempat tas yang telah disediakan di atas sesuai dengan nomor kursi.

4. Menggunakan earphone


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Penumpang juga tidak diperbolehkan mendengarkan musik dengan menggunakan earphone saat pesawat akan boarding dan landing. Tujuannya agar semua penumpang dalam kondisi waspada mengingat kondisi krusial kecelakaan pesawat banyak terjadi disaat landing dan boarding.

Baca juga: Video Detik-detik Sebuah Powerbank Penumpang Pesawat Meledak dalam Tas

5. Melewatkan peragaan keselamatan

Ilustrasi (Foto: Pinterest.com)

Banyak penumpang memilih untuk mendengar musik atau tidur selama peragaan keselamatan dilakukan oleh crew kabin beberapa saat pesawat akan take off.

Padahal peragaan keselamatan wajib ditonton setiap kali menumpang pesawat karena ini menjadi bagian dari prosedur sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang membahayakan saat penerbangan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Nasional

Berita Terkait: