9 Tahun Mengabdi, MNCTV PHK karyawan Tanpa Pesangon Gara-gara Punya Domain Mirip

Headline
Gedung MNC. (Foto: Pantau.com/Tatang Adhiwidharta)Gedung MNC. (Foto: Pantau.com/Tatang Adhiwidharta)

Pantau – Seorang jurnalis karyawan MNC TV mendapatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dari tempatnya bekerja MNC Group karena dianggap menggunakan fasilitas kantor dan memiliki domain mncnews.id.

PHK sepihak ini Rahendro Herubowo alias Heru mengaku dirinya diperlakukan tidak adil karena tidak mendapat pesangon. Bahkan Heru mendapatkan intimidasi dari pihak perusahaan.

“Saya dianggap melanggar peraturan perusahaan yang sifatnya mendesak. Saya dibujuk dan dirayu agar mengundurkan diri sebagai karyawan MNCTV dengan permasalahan dianggap selesai secara kekeluargaan,” ujar Heru dalam rilisnya kepada Pantaucom, Senin (3/10/2022).

Berikut beberapa kutipan pernyataan Heru yang ditujukan kepada Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi & Energi, Kota Administrasi Jakarta Pusat (28/9/2022).

“Bahwa pekerja telah berkontribusi maksimal dan melaksanakan pekerjaannya secara profesional, akan tetapi pada tanggal 19 Mei 2022 pekerja mendapatkan Teguran/Somasi No : 003/SOMASI-MPI/V/2022 dari Perusahaan dengan “dugaan pelanggaran merek dagang MNCNews” atas pembelian domain https://mncnews.id/ (“Nama domain”) yang terdaftar atas nama Media Dwikarsa, dimana pekerja dianggap sebagai penanggung jawab pada Media Dwikarsa berdasarkan hasil temuan dokumen yang disimpan dalam komputer yang biasa digunakan Pekerja,” tulis Heru.

Diketahui, Heru sudah mengabdi sebagai karyawan PT MNC Televisi Network sejak tahun 2008 atau sekitar 14 tahun yang lalu. Karir Heru dimulai dari SUN TV dan terakhir di MNC TV Koordinator Daerah News Integrasi.

“Saya menyampaikan perhitungan hak yang seharusnya di terima oleh pekerja Rp 78.208.691, masa kerja sejak 6 Desember 2013 – 16 Juli 2022 = 9 Tahun,” ujarnya.

Menurutnya, domain tersebut hanya bertahan beberapa bulan dan sudah lama di take down. Hingga saat ini Heru bersama kuasa hukumnya sudah memastikan domain tersebut melalui DITJEN HAKI.

“Bahwa nama Domain mncnews.id bukan merupakan karya cipta serta sangat berbeda jauh dengan portal milik mncgroup,” ujar Joshua victor selaku Tim Kuasa Hukum.

Surat PHK sepihak itu tertulis 24 Agustus 2022, yang ditandatangani oleh Direktur MNC TV Faisal Dharma Setiawan.

Tim Pantau
Editor
Desi Wahyuni
Penulis
Desi Wahyuni